Penyelundupan Benih Lobster

Bareskrim Polri Tetapkan 9 Pelaku Penyelundup Baby Lonster Sebagai Tersangka

Subdit IV Tipidter Bareskrim Polri, menetapkan 9 pelaku penyelundupan Baby Lobster yang diamankan di sebuah rumah

Bareskrim Polri Tetapkan 9 Pelaku Penyelundup Baby Lonster Sebagai Tersangka
tribunjambi/rian aidilfi afriandi
Sebelum dikirim ke luar negeri, puluh ribuan benih lobster asal Pulau Jawa yang diamankan tim gabungan dari Bareskrim Polri, Polda Jambi, Polresta Jambi dan BKIPM Jamb, Jumat (9/10/2018) sore ini singgah terlebih dahulu di gudang milik Imam Santoso, warga RT 29, Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Subdit IV Tipidter Bareskrim Polri, menetapkan 9 pelaku penyelundupan Baby Lobster yang diamankan di sebuah rumah di Jalan Bintan, RT 29 Kelurahan Lebak Bandung, Kota Jambi, Jumat (9/11) lalu, sebagai tersangka.

Ini dikatakan langsung oleh Kasubdit IV Tipidter, Bareskrim Polri, Kombes Pol Parlin Silitonga. Katanya, penetapan status terdangka itu berdasarkan hasil pemeriksaan oleh penyidik.

"Iya, sudah tersangka. Sudah saya teken semuanya," ujar dia kepada wartawan, Minggu (11/11) di Mapolresta Jambi.

Parlin mengatakan, sebelumnya, pihaknya mengamankan 10 orang, namun satu orang dibebaskan. Lantaran tidak ada kaitannya dengan kasus tersebut.

"Dia sebagai juru masak. Jadi tidak ada kaitannya setelah diperiksa," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, penyidikan kasus ini dilakukan oleh Bareskrim Polri. Untuk itu, kata Parlin, para tersangka akan dibawa ke Jakarta. Sedangkan barang bukti benih lobster sudah dilepasliarkan, dan barang bukti lainnya dititipkan di BKIPM Jambi.

"Untuk penanganan kasus ini kita akan koordonasi dengan Kejaksaan Agung. Namun nanti sidangnya tetap di Jambi," pungkasnya.

Sebelumnya, pengerebek oleh Bareskrim Polri yang di backup Polda Jambi, Polresta Jambi dan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi.

Penggerebekan dilakukan karena rumah milik IS tersebut dijadikan tempat penampungan puluhan ribu benih lobster. Selain IS, ada beberapa orang lainnya yang diamankan oleh petugas kepolisian.

Dari penggerebekan tersebut diamankan barang bukti 56.306 ekor benih lobster jenis pasir dan mutiara. Nilainya mencapai lebih kurang Rp 8 miliar. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved