Breaking News:

Tanam Kedelai di Kab. Muarojambi Kurang di Minati

Kegiatan pertanian di Kabupaten Muarojambi terdiri atas tiga jenis tanaman yaitu Padi, Jagung dan Kedelai. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Fifi Suryani
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Muarojambi, M Havis. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kegiatan pertanian di Kabupaten Muarojambi terdiri atas tiga jenis tanaman yaitu Padi, Jagung dan Kedelai. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Muarojambi, M Havis.

Ia menjelaskan bahwa setidaknya ada sekitar 16 ribu hektare lahan di Kabupaten Muarojambi dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menanam tiga komoditi tersebut. Meskipun memang saat ini untuk komoditi tanaman kedelai di tahun 2018 ini tidak begitu banyak.

Baca: 319 Hektare Sawah Terendam

Disampaikan Havis, bahwa hal ini karena kerugian yang pernah dialami oleh masyarakat akibat perbedaan perawatan seperti tanaman jagung dan padi.

"Dulu kan petani digembor-gemborkan untuk nanam kedelai, begitu pas panen dak ada yang belinya. Dan lagi kedelai ini agak susah, karena tidak seperti padi dan jagung, sebulan tidak di rawat itu benih kedelai sudah rusak," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa, dari tiga komoditi tersebut, luas lahan padi cukup luas dibanding lainnya. Di Kabupaten Muarojambi terdapat 10 ribu hektare untuk luas lahan tanam padi, sedangkan untuk tanam jagung ada sekitar 5 ribu hektare.

"Kalo kedelai itu paling cuma 400 hektare. Untuk panen, kalau padi rata-rata itu sekarang 5 ton perhektare, karena benih sekarang kita sudah dapat yang bagus. Kalo jagung itu 5 ton juga,"katanya

"Nah kedelai ini karena sekarang minat petani agak kurang, paling sekarang sekitar 2 ton lah dapatnya," terangnya.

Baca: Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Direvisi Kembali

Baca: Tes CPNS Muarojambi, Bupati Minta Peserta Tidak Percaya Calo

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved