Viral Setelah Pidato Prabowo: Ini Lo Asal Muasal Nama Boyolali

Nama kota Boyolali mendadak menjadi viral. Kota ini terkenal sebagai penghasil susu. Apa sih arti kata Boyolali?

Viral Setelah Pidato Prabowo: Ini Lo Asal Muasal Nama Boyolali
Barcroft/Mirror
Daniel, sapi perah setinggi 1,95 meter dengan bobot lebih dari 1 ton. Kota Boyolali juga terkenal sebagai penghasil susu 

NAMA Boyolali viral setelah Prabowo Subianto menyebutnya dalam sebuah pidato saat kunjungan ke Boyolali. Bagi sebagian orang kata-kata Prabowo dianggap merendahkan, sementara yang lain menganggapnya biasa.

Tahukah Anda apa arti kata Boyo lali sebenarnya? Secara sederhana kita bisa menyebutnya buaya (boyo, bahasa Jawa) lupa (lali, bahasa Jawa). Tapi kalau kita mencoba menelusuri legendanya, ada kisahnya tersendiri.

Dahulu, Boyolali juga sering disebut-sebut sebagai nieuw Zeeland-nya van Java. Pada waktu itu, Belanda menyebut nieuw Zeeland untuk negara New Zealand.

Dikatakan demikian karena Boyolali dianggap mirip dengan Selandia Baru (New Zealand) yang terkenal sebagai produsen susu dan daging sapi.

Bahkan sampai saat ini, Boyolali masih dianggap sebagai produsen susu terbesar di Pulau Jawa. Boyolali juga dikenal sebagai pusat daging sapi lokal, serta pusat produsen berbagai macam abon sapi.

Baca: 4 Cerita Unik Selama Tes SKD CPNS 2018, Dari Alat Infus Hingga Tinggalkan Resepsi Pernikahan

Baca: 8500 Warga Boyolali Unjuk Rasa Tanggapi Pidato Prabowo, Kapolres: Tidak Ada Kepentingan Politik

Di Boyolali, Jawa Tengah, lokasi peternakan sapi perah umumnya berada di daerah selatan dan dataran tinggi yang berudara dingin. Hal ini dikarenakan sapi perah yang dikembangkan di sana berasal dari wilayah sub-stropis Australia dan Selandia Baru.

Di sana susu tersebut juga di olah menjadi keju oleh pabrik keju asal Boyolali yaitu keju Indrakila, didaerah Kecamatan Ampel juga terdapat sentra industri Abon dan Dendeng.

Boyolali memiliki slogan pembangunan Boyolali Tersenyum (Tertib, Elok, Rapi, Sehat, Nyaman untuk Masyarakat).

Lalu kenapa disebut Boyolali? Berikut kisahnya seperti tertuang di wikipedia. Kisah penamaan kota Boyolali kemungkinan besar terkait cerita dalam serat Babad Pengging Serat Mataram.

Pada zaman itu sebenarnya belum disebut Boyolali. Demikian juga pada masa Kerajaan Demak Bintoro maupun Kerajaan Pengging, nama Boyolali belum dikenal.

Baca: Jatuhnya Valentino Rossi Jadi Berkah Marc Marquez Juarai MotoGP Malaysia 2018

Baca: Final Piala AFC U-19 2018 Korea Selatan Vs Arab Saudi Siaran Langsung Fox Sports Mulai 19.30 WIB

Halaman
12
Editor: Dodi Sarjana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved