Breaking News:

Lion Air JT610 Jatuh

Rekaman 'Black Box' Viral di Media Sosial, Kemenkominfo Sampaikan Klarifikasi

Pasca- jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang, beredar dua video berisi rekaman kokpit yang memuat

Editor: Fifi Suryani
Rekaman 'Black Box' Viral di Media Sosial, Kemenkominfo Sampaikan Klarifikasi
Youtube
Ilustrasi rekaman black box

TRIBUNJAMBI.COM - Pasca- jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang, beredar dua video berisi rekaman kokpit yang memuat percakapan pilot dan kopilot, yang disebut berasal dari pesawat Lion Air JT 610. Video tersebut ditegaskan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bukan berasal dari Lion Air JT 610.

"Video tersebut sama sekali tidak terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/10/2018).

Baca: Hari Ini Aksi Bela Bendera 211, Timses Jokowi Berharap tak Ditunggangi Kepentingan Politik

Menurut Ferdinandus, video yang beredar di media sosial merupakan rekaman black box dari dua pesawat berbeda.  Pertama, rekaman berasal dari black box Air Asia QZ 8501 yang jatuh pada 9 Januari 2015.

Kedua, berasal dari black box pesawat Adam Air 574 dengan rute penerbangan dari Surabaya-Manado yang jatuh pada 1 Januari 2007.

Menurut Ferdinandus Setu, video dan rekaman ini bukan hoaks atau kabar bohong, karena tidak ada disinformasi dan tidak ada unsur menyesatkan. "Konten tersebut bila dilihat dari YouTube langsung tidak bisa dikatakan hoaks, karena tidak ada disinformasi dan tidak ada unsur menyesatkan," ujar Ferdinandus.

Namun, video berisi rekaman kokpit itu dapat berpotensi menjadi hoaks jika diunggah ulang ke media sosial dan disebarkan. Apalagi, jika konten itu diunggah dengan deskripsi dan narasi yang menghubungkannya dengan pesawat Lion Air JT 610.

Baca: KPK Sarankan Pemkab Bekasi Review Kembali Izin Proyek Pembangunan Meikarta

Baca: Soal Kedatangan ke Rumah Neneng, James Riady: Saya Mampir Untuk Ucapkan Selamat Kelahiran Bayinya

"Apabila di-share ulang ke socmed dengan deskripsi atau dihubungkan dengan kejadian kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, baru akan menjadi konten hoaks," kata Ferdinandus. Adapun pihak Kemenkominfo mendapatkan kabar mengenai video itu pada Senin (29/10/2018) sekitar pukul 13.50 WIB.

Sedangkan, rekaman pilot dan kopilot didapat pada Senin (29/10/2018) sekitar pukul 14.30 WIB. Keduanya didapat melalui mesin pengais konten. Pihak Kemenkominfo juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap pemberitaan mengenai jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang berasal dari sumber yang tidak jelas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Rekaman "Black Box", Kemenkominfo Pastikan Bukan dari Lion Air JT 610",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved