Kotak Hitam Black Box Lion Air JT610 Terdeteksi, Suara Ini yang Terdengar Dari Kedalaman 32 Meter

Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan Tim SAR Gabungan telah menemukan lokasi ping locater milik Black Box

Kotak Hitam Black Box Lion Air JT610 Terdeteksi, Suara Ini yang Terdengar Dari Kedalaman 32 Meter
kompas.com
Proses evakuasi Lion Air JT 610 di Perairan Karawang Jawa Barat, KNKT Bantah Pesawat Lion Air JT 610 Meledak Sebelum Jatuh 

TRIBUNJAMBI.COM - Lokasi Black Box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang pelan-pelan mulai diketahui keberadaannya.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan Tim SAR Gabungan telah menemukan lokasi ping locater milik Black Box pesawat Lion Air JT 610.

Hal itu diungkapkan Syaugi di dermaga JICT 2 Tanjung Priok pada Rabu (31/10/2018).

"Kita juga menemukan ping locator. Jadi di blackbox itu ada ping yang bisa berbunyi kita berdua (bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto) mendengarkan itu, tit tit tit, suara itu terdengar," kata Syaugi.

Syaugi mengatakan lokasi tersebut berada sejauh 400 meter arah Barat Laut di kedalaman 32 meter dari lokasi terakhir sinyal pesawat tertangkap.

Baca: Jannatun Cintya Dewi Satu Diantara Korban Jatuhnya Lion Air JT 610 Berhasil Diidentifikasi

Sebelum menemukan ping locater tersebut di Kapal Baruna Jaya milik BPPT yang membawa ROV, Syaugi mengatakan ia telah memeriksa beberapa kapal SAR gabungan lain yang telah menemukan benda yang diduga bangkai pesawat Lion Air JT 610.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi memberikan keterangan kepada wartawan seusai melakukan peninjauan pencarian pesawat Lion Air JT610 menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018) malam. Dalam keterangannya, Tim gabungan telah menemukan sinyal dari black box Lion Air JT610 dan untuk selanjutnya terus melakukan pencarian black bos, korban, dan rangka pesawat menggunakan 4 kapal yang dilengkapi remote operated vehicle (ROV). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi memberikan keterangan kepada wartawan seusai melakukan peninjauan pencarian pesawat Lion Air JT610 menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018) malam. Dalam keterangannya, Tim gabungan telah menemukan sinyal dari black box Lion Air JT610 dan untuk selanjutnya terus melakukan pencarian black bos, korban, dan rangka pesawat menggunakan 4 kapal yang dilengkapi remote operated vehicle (ROV). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Namun di beberapa kapal tersebut ia hanya menemukan rangka kapal dan bubu atau alat penangkap ikan.

"Kita cek dengan penyelam ternyata hasilnya rangka kapal. Yang ketiga, kita cek dengan alat tersebut panjangnya cukup panjang, 16 meter. Ternyata itu bubu," kata Syaugi.

Terdeteksi KM Baruna Jaya

Keberadaan kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 telah terdeteksi.
Hal itu menyusul tertangkapnya sinyal kotak hitam oleh salah satu kapal yang membantu pencarian korban di Perairan Tanjungpakis, Karawang, Jawa Barat.

Halaman
12
Editor: bandot
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved