Breaking News:

Pemilih Disabilitas Sering Terlupakan

Hak pilih penyandang cacat atau disabilitas sering terlupakan. Ini menyebabkan hak pilih penyandang cacat atau disabilitas menjadi hilang

TRIBUN JAMBI/ANDIKA ARNOLDY
Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fachrul Rozi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hak pilih penyandang cacat atau disabilitas sering terlupakan. Ini menyebabkan hak pilih penyandang cacat atau disabilitas menjadi hilang karena tidak menggunakan hak pilihnya.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fachrul Rozi mengatakan, penyandang cacat atau disabilitas mempunyai hak pilih yang sama dengan masyarakat pada umumnya. Karena tak ada peraturan yang menghalangi disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya.

"Namun kadang pemilih disabilitas terlupakan," ujarnya.

Baca: Ini Jadwal Tes CPNS Kota Sungai Penuh

Untuk itu Bawaslu Provinsi Jambi akan mengumpulkan ratusan disabilitas untuk memberikan sosialisasi pengawasan terhadap pemilu. Sehingga penyandang cacat ini dapat mengetahui soal pemilu dan tau bagaimana mengawasi jalannya pemilu.

"Dalam kegiatan ini akan dihadiri ratusan disabilitas dan anggota Bawaslu RI," ujarnya.

Dia mengatakan jika memungkinkan, disabilitas ini akan menjadi pengawas TPS. Dengan demikian diharapkan mereka dapat mengawasi minimal pada komunitas mereka yakni penyandang cacat.

Selain itu Fachrul minta agar KPU dapat mendata pemilih disabilitas lebih teliti. Selain itu agar pemilih disabilitas juga dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

Baca: Coba-coba Maling Kotak Amal, Yuda Dituntut 15 Bulan

Baca: APBD-P Tak Disahkan, Massa Unjuk Rasa ke DPRD Sarolangun

Penulis: andika
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved