Info Terkini Kota Jambi

Denmark Siap Bangun Kemitraan Jangka Panjang Bersama Kota Jambi, Delegasi ke Talang Banjar

"Indonesia dan Denmark dalam kurun waktu tiga tahun terakhir memiliki kerja sama dalam bidang lingkungan. .."

Denmark Siap Bangun Kemitraan Jangka Panjang Bersama Kota Jambi, Delegasi ke Talang Banjar
Tribun Jambi/Rohmayana
Delegasi Pemerintah Denmark saat di Kota Jambi, Sabtu (27/10) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Komitmen dan upaya Pemerintah Kota Jambi dalam mengatasi permasalahan sampah secara berkelanjutan dan ramah lingkungan, mulai dilirik negara lain. Pada Sabtu pagi (27/10), Kota Jambi dikunjungi delegasi Pemerintah Denmark.

Delegasi Pemerintah Denmark itu dipimpin Morten Holm Van Donk yang merupakan Environmental Counsellor Kedutaan Denmark untuk Indonesia.

Dia membawa beberapa stakeholder dari Denmark ke Kota Jambi. Seperti konsultan lingkungan dan perusahaan teknologi berbasis lingkungan, untuk melihat langsung sistem pengelolaan sampah organik ramah lingkungan yang ada di Kota Jambi.

"Indonesia dan Denmark dalam kurun waktu tiga tahun terakhir memiliki kerja sama dalam bidang lingkungan. Sebagai bagian dari kerjasama itu, di sini kami ingin melihat langsung sistem pengumpulan dan pengolahan sampah organik. Berdasarkan informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kota Jambi adalah salah satu dari dua daerah yang melakukan hal itu di Indonesia. Kami ingin melihat langsung dan mencari informasi detail dilapangan, bagaimana Kota Jambi melakukannya," ujar Morten Holm.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil peninjauan langsung di lokasi Pilot project Integrated Resource Recovery Center (IRRC) Waste to Energy (WTE) yang telah diresmikan oleh Wali Kota Jambi Januari lalu, dirinya dan delegasi Denmark lainnya mengakui telah belajar banyak hal tentang pengolahan sampah organik di Kota Jambi.

"Kami melihat banyak kesempatan dan berbagai tantangan kedepannya, bagaimana Kota Jambi bisa diajak kerjasama. Kami senang berada disini (Kota Jambi red.) karena pemerintahnya concern terhadap masalah lingkungan. Kami akan mengajak Kota Jambi dalam berbagai dialog lebih lanjut," kata Morten Holm.

"Kami juga akan mengundang Kota Jambi dalam keanggotaan forum kerjasama Denmark-Indonesia. Level yang lebih tinggi antar pemerintah. Di sana kami akan membantu solusi selanjutnya untuk penyempurnaan apa yang ada disini (Kota Jambi; red).Denmark siap membantu dalam hal pertukaran pengetahuan,teknologi, dan kemitraan lingkungan lainnya," tuturnya.

Dalam kunjungan ke Kota Jambi itu, Mr. Morten Holm van Donk membawa beberapa stake holder yang akan membantu Pemerintah Denmark dalam mempelajari teknologi pengolahan sampah organik di Kota Jambi, diantaranya Mr. Rasmus Eisted, Senior Expert, Danish Environmental Protection Agency, Mr. Jan Erik Thrane, COO, Odense Renovation, Mr. Lars Ravn Nielsen, CEO, Gemidan Ecogi, Mr. Reno Munksgaard, Project Manager, Rambøll Denmark.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For.Sc. Turut hadir mendampingi Sekda Kota Jambi, Kadis PUPR Kota Jambi, H. Fatri Suandri, Kadis Perindag Kota Jambi Komari, Kabag Kerjasama Setda Kota Jambi Mariani Yanti, P.Hd, Kabag Hukum Setda Kota Edriansyah dan jajaran Dinas LH Kota Jambi.

Halaman
12
Penulis: Rohmayana
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved