Bawaslu Temukan APK Melanggar Aturan, Bulian Dan Tembesi Paling Banyak Dijumpai

"Kita menghimbau partai politik untuk melepas APK yang di pasang oknum caleg dari partai-partai politik yang melanggar aturan," jelasnya.

Bawaslu Temukan APK Melanggar Aturan, Bulian Dan Tembesi Paling Banyak Dijumpai
tribunjambi/heri
Bawaslu Temukan APK yang Melanggar aturan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Beberapa alat peraga kampanye (APK) tercatat melanggar aturan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari akan melakukan pelepasan APK tersebut.

Meski saat ini merupakan masa kampanye bagi para bacaleg untuk mengsosialisasikan diri mereka, namun ada beberapa peraturan dan ketentuan yang tidak boleh dikangkangi oleh bacaleg itu sendiri terutama terkait APK.

Dari hasil laporan dan prngawasan yang dilakukan Banwaslu, terdapat beberaoa titik pelanggaran APK terjadi dibatanghari terutama dikecamatan Muara Bulian.

Baca: Direktur RS Pratama Dijabat dr Yuliani. Wako AJB Lantik 5 Pejabat Eselon II

"Kita menemukan beberapa pelanggaran pemasangan APK, peserta pemilu yang melakukan pelanggaran telah kita surati, jika tidak di indahkan maka akan kita lepas secara paksa," kata Kepala Divisi Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Kabupaten Batanghari Iskandar.

Lebih lanjut dikatakannya pula, pelanggaran pemasangan APK tersebut terjadi di beberapa kawasan di batanghari, dimana terdapat beberapa oknum caleg memasang spanduk dan baleho pribadi. Berdasarkan perundang-undangan pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) hal tersebut dilarang.

Baca: Satgas TMMD Kodim 0419/Tanjab Selesaikan Pembuatan Sumur Bor di Dusun V Sei Ayam Desa Pangkal Duri

Dalam aturannya, pemasangan APK seluruh caleg dari partai peserta pemilu berada di dalam satu spanduk atau baleho. Di dalam spanduk tersebut tertuang visi dan misi calon legislatif.

Iskandar mengatakan per-tanggal 12 september pihaknya telah menyampaikan terkait aturan APK. Dan pada tanggal 15 september bawaslu telah mengirim surat kepada partai politk peserta pemilu terkait aturan APK tersebut.

Baca: Menguak Harta Warisan Soekarno di Swiss dan Manado, Istri Bung Karno Sebut itu Bohong

Baca: Nikahi Brondong, Inilah Deretan Selebritis Cantik yang Dipersunting Pria yang Lebih Muda

"Kita menghimbau partai politik untuk melepas APK yang di pasang oknum caleg dari partai-partai politik yang melanggar aturan," jelasnya

Dikatakannya pula, dalam kurun waktu satu dua hari kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti KPU, Satpol PP dan bakeuda untuk melakukan pelepasan APK yang melanggar aturan tersebut.

Berdasarkan dari orang wadan yang timnya lakukan, pemasangan APK yang melanggar aturan tersebut terdapat di beberapa kecamata.. Namun yang paling banyak berada di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Muara Tembesi. (*)

Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved