Mulai Tahun Ini, Perhalatan MTQ Kecamatan Dilakukan di Kabupaten

"Menurut bupati, kan sayang, jika sudah dibangun dengan baik namun tidak dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Mulai Tahun Ini, Perhalatan MTQ Kecamatan Dilakukan di Kabupaten
tribunjambi/abdullah usman
Kabag Kesos Batanghari, M Syukri 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Mulai tahun ini perhalatan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Batanghari, tidak lagi dilakukan disetiap kecamatan. Tetapi, difokuskan di bumi Fastabiqul Khoirot, Muara Bulian.

Pemerintah Kabupten Batanghari, tahun ini kembali mewacanakan untuk melakukan perhalatan MTQ tingkat kabupaten. Dimana sebumnnya Kecamatan Pemayung, menjadi giliran tuan rumah perhelatan akbar tersebut.

Berdasarkan hasil rapat bersama LPTQ provinsi yang dilakukan pada Jumat (19/10) lalu. Dalam rapat tersebut, berdasarkan permintaan Bupati Batanghari, MTQ tingkat Kabupaten ke 50 tidak lagi dilaksanakan disetiap kecamatan yang ada di Batanghari.

Baca: GALERI FOTO: 545 Mahasiswa Mengikuti MTQ Tingkat Universitas Jambi

"Ya, dari hasil kesepakatan rapat dan permintaan bupati. Dengan pertimbangan untuk memanfaatkan lokasi MTQ yang telah dibangun megah agar tetap digunakan," kata Kabag Kesos Batanghari, M Syukri, Senin (22/10).

Dikatakannya, bupati beranggapan dengan dimanfaatkannya arena MTQ bumi Fastabiqul Khoirot tersebut, guna menjaga dan memanfaatkan bangunan yang ada. Sehingga tetap bermanfaat dan digunakan.

"Menurut bupati, kan sayang, jika sudah dibangun dengan baik namun tidak dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Lokasi MTQ di Bumi Fastabiqul Khoirot, Muara Bulian
Lokasi MTQ di Bumi Fastabiqul Khoirot, Muara Bulian (tribunjambi/abdullah usman)

Selain itu tidak hanya digunakan sebagai acara MTQ saja, namun juga juga untuk acara keagaam lainnya, termasuk hari besar Islam, seperti Isra Mi'raj dan lain sebagainnya.

Sebelumnnya acara MTQ kabupaten dilakukan bergantian disetiap kecamatan, namun pada MTQ tingkat Kabupaten ke 50 hingga selanjutnya tetap selamanya dilakukan di arena MTQ Muara Bulian.

Dijadwalkan MTQ tingkat Kabupaten Batanghari akan diselenggarakan pada 23-27 November mendatang. Untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan rapat pembentukan panitia yang dijadwalkan dalam minggu ini.

Baca: Pasukan Elite Kelas Dunia Ini, Babak Belur Ketika Berhadapan dengan Tentara Vietnam

"Nantinya dari hasil juara MTQ tingkat kabupaten nanti, akan diselekesi beserta peserta potensial untuk disiapkan dalam perhatan MTQ tingkat provinsi ke 49 di Kabupaten Bungo," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sulaiman (36) warga Pemayung mengatakan, dengan adanya kebijakan bupati untuk tidak lagi mengadakan MTQ tingkat kabupaten di kecamatan secara bergantian, ada plus minusnya.

Baca: VIDEO: Viral 16 Sepeda Motor Dilempar ke Got Dipicu Cekcok Pemilik dan Pendatang Baru Kos

"Inikan sudah keputusan bupati. Kalau kita masyarakat tidak terlalu bermasalah. Kalau harus dilakukan di kabupaten, tidak masalah. Namun, ada juga sedihnya kita tidak bisa lagi mengadakan keramaian yang merupakan ajang tahunan," ungkapnya.

Menurut warga Pemayung ini, meskipun MTQ tingkat kabupaten, tidak lagi dilakukan di kecamatan, namun setidaknya pada setiap tahunnya perhalatan MTQ tingakt RT STQ dan tingkat desa masih bisa dilakukan dan menjadi penghibur tersendiri bagi setiap kecamatan. (*)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved