85 Pengadilan Baru Diresmikan Ketua Mahkamah Agung

Selain itu, masyarakat tidak lagi butuh biaya yang besar, dan dapat menempuh pengadilan dalam waktu yang relatif singkat.

85 Pengadilan Baru Diresmikan Ketua Mahkamah Agung
KOMPAS IMAGES / DHONI SETIAWAN
Gedung Mahkamah Agung. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, M Hatta Ali meresmikan operasionalisasi 85 pengadilan baru di seluruh Indonesia, Senin (22/10/18). Peresmian itu dilangsungkan di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Dari 85 pengadilan yang diresmikan, 30 di antaranya Pengadilan Negeri (PN), 50 Pengadilan Agama (PA), tiga Mahkamah Syariyah, dan dua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Baca: PA Sungai Penuh Terima Sertifikat Akreditasi A Excellent dari Mahkamah Agung

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunjambi.com, dibentuknya 85 pengadilan baru itu, mengingat letak geografis daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten. Dengan demikian, diharapkan tidak lagi menyulitkan masyarakat dalam mencari keadilan.

Selain itu, masyarakat tidak lagi butuh biaya yang besar, dan dapat menempuh pengadilan dalam waktu yang relatif singkat.

Mengenai pemilihan lokasi tersebut, pihak MA menyebutkan, itu merupakan bentuk perhatian dan apresiasi terhadap pengadilan-pengadilan di wilayah pelosok dan pulau terluar Indonesia.

Baca: Karena Fatmawati sedang Menyusui, Niatan Penculikan Bung Karno Harus Terhenti di Tengah Jalan

Selain dihadiri ketua MA, peresmian itu turut dihadiri beberapa hakim agung, sekretaris MA, dan pejabat eselon satu di wilayah MA. Acara peresmian ini juga dihadiri para ketua pengadilan baru yang diresmikan.

"Peresmian 85 pengadilan baru merupakan langkah strategis, sekaligus bentuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Ketua MA melalui Kepala Biro Hukum dan Humas MA RI, Abdullah.

Baca: KPU vs Saihu Berlanjut ke Pengadilan

Lebih lanjut, Humas Pengadilan Tinggi Jambi, Hasoloan Sianturi kepada Tribunjambi.com menyampaikan, dari 85 pengadilan baru tersebut, tidak ada yang masuk dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi (PT) Jambi.

"Di wilayah hukum PT Jambi tidak ada," katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap mendukung dan mengapresiasi peresmian tersebut.(*)

Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved