Info Terkini Kota Jambi

482 Bupati Wali Kota Se-Indonesia Bakal ke Kota Jambi, jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit 2018

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, mengatakan kegiatan tersebut tinggal menunggu pelaksanaan. Semua kabupaten/kota sudah dihubungi.

482 Bupati Wali Kota Se-Indonesia Bakal ke Kota Jambi, jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit 2018
Tribun Jambi/Rohmayana
Kota Jambi menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XVIII 2018 pada 24-25 Oktober 2018. Peserta pertemuan itu bupati dan wali kota se-Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kota Jambi menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XVIII 2018 pada 24-25 Oktober 2018. Peserta pertemuan itu bupati dan wali kota se-Indonesia.

Persiapan sudah dilakukan hingga 95 persen dan kini tinggal penyelenggaraan.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, mengatakan kegiatan tersebut tinggal menunggu pelaksanaan. Semua kabupaten/kota sudah dihubungi. Undangan anggota Akkopsi ada 482 bupati/walikota.

"Setiap kabupaten/kota juga mengirim utusan, minimal lima orang. Artinya akan ada sekitar 3.000 orang yang akan datang ke Kota Jambi," kata Syarif Fasha, Wali Kota Jambi.

Pada kegiatan tersebut, kata Fasha, Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) akan membahas seputar sanitasi.

Untuk penginapan dan transportasi peserta, Fasha mengatakan itu akan dibiayai APBD masing-masing daerah.

“Kita tidak menanggung, karena itu ditanggung dari APBD masing-masing. Cuma kita fasilitasi komunikasi dengan perhotelan melalui PHRI. Sewa mobil, rumah makan, souvenir, tempat belanja juga sudah disiapkan,” tuturnya.

Ribuan kamar hotel

Fasha menyebutkan kamar hotel berbintang di Kota Jambi sangat mencukupi untuk event skala nasional. Karena syarat event nasional harus ada 2.000 kamar hotel berbintang. Dan pemerintah Kota Jambi sudah mendorong pembangunan hotel berbintang sejak beberapa tahun terakhir.

"Kita sudah lebih dari 2.000 kamar, event nasional di Kota Jambi sudah tidak masalah lagi," ujarnya.

Syarif Fasha mengungkapkan perputaran ekonomi berdampak baik jika ada event nasional di Kota Jambi. "Misalkan hotel dipakai dua malam menginap, anggap saja harga per malam Rp 700 ribu. Satu orang saja sudah Rp 1,4 juta untuk penginapan. Belum lagi makan, belanja. Mungkin satu orang bisa habiskan Rp 10 juta. Kalikan saja sekitar 3.000 tamu yang datang," jelasnya.

Sudah siap, tunggu kedatangan peserta

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Jambi, Budidaya, mengatakan persiapan CSS tinggal menuggu kedatangan delegasi kabupaten/kota. Nanti akan ada welcome dinner untuk kepala daerah dan pejabatnya.

"Dari APBD Kota Jambi, kita hanya menyiapkan tempat acara, makan malam dan makan siang. Total anggaran Rp 1,2 miliar," kata Budidaya. (*)

Baca: Anggota Kopassus Merayap 4,5 Km Lewati Sarang Kobra, Hendro Duel di Dalam Gubuk Terbakar

Baca: 85 Pengadilan Baru Diresmikan Ketua Mahkamah Agung

Baca: 10 Kasus yang Ditangani Hotman Paris Hutapea yang Bikin Heboh, Pertaruhkan Mobil Lamborghini

Penulis: Rohmayana
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved