Kasus Dugaan Perambahan TNKS, PN Jambi Tunggu Tanggapan Terbanding

Menjawab berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu tanggapan tersebut, dia menjawab, tidak terlalu lama.

Kasus Dugaan Perambahan TNKS, PN Jambi Tunggu Tanggapan Terbanding
tribunjambi/mahreza
Abu Hasyim (depan), Maardi (kanan belakang), dan Indra Jaya (kiri belakang) saat menjalani sidang putusan di PN Jambi, Selasa (2/10/18) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga saat ini, berkas pengajuan banding dari Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi (JPU Kejati) Jambi, atas tiga terdakwa kasus dugaan perambahan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) belum sampai di Pengadilan Tinggi (PT) Jambi.

Pasalnya, jelang batas waktu pengajuan banding dari Pengadilan Negeri (PN) Jambi ke PT Jambi, pihak PN masih menunggu tanggapan dari pihak terbanding (terdakwa).

Pihak terbanding tersebut, antara lain, Abu Hasyim, Maardi, dan Indra Jaya. Ketiganya diduga telah melakukan perambahan hutan di kawasan TNKS pada Januari lalu dan divonis di PN Jambi.

Baca: VIDEO: Tiga dari Empat Terdakwa Kasus Dugaan Perambahan TNKS Jalani Sidang Vonis

Humas PN Jambi, Makaroda Hafat kepada Tribunjambi.com menyampaikan, masih ada waktu menunggu tanggapan dari pihak terbanding.

"Upaya hukum banding itu ada proses dan tahapan. Tidak serta merta, begitu salah satu pihak ajukan banding, terus berkas dikirim ke PT. Tidak begitu. Pernyataan banding dari Pemohon Banding (JPU Kejati) oleh Jurusita akan diberitahukan dulu kepada pihak Terbanding (terdakwa)," katanya kepada Tribunjambi.com, Jumat (19/10/18).

Baca: Warga Sukarela Serahkan Kucing Hutan ke Petugas TNKS

Selain itu, kata dia, jika pihak Pembanding memasukkan memori banding, juga akan diberitahukan kepada pihak Terbanding. Selanjutnya, pihak Terbanding juga berhak untuk menanggapinya dengan Kontra Memori Banding.

Menjawab berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu tanggapan tersebut, dia menjawab, tidak terlalu lama.

"Tidak terlalu lama. Jika dalam dua minggu ke depan, ada atau tidak ada tanggapan itu, berkas akan dikirim ke PT," jelas Makaroda.

Baca: Masuki Musim Hujan. Ini Titik Rawan Longsor di Sarolangun

Sebelumnya, JPU Kejati Jambi yang menangani Perkara tersebut, Diah menyampaikan, telah melakukan pernyataan banding kepada PN Jambi, untuk selanjutnya disampaikan kepada PT Jambi.

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved