Tahapan Pemilu

KPU akan Cek DPT, Turun ke Kecamatan dan Kelurahan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi dan KPU Provinsi Jambi serta pihak partai dan pihak-pihak terkait akan turun langsung ke kecamatan-kecamatan

KPU akan Cek DPT, Turun ke Kecamatan dan Kelurahan
tribunjambi/andika arnoldy

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi dan KPU Provinsi Jambi serta pihak partai dan pihak-pihak terkait akan turun langsung ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan pengecekan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) seluruh staf kelurahan dan kecamatan di Kota Jambi.

Guna memastikan partisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu 2019 mendatang. Seluruh staf kelurahan dan kecamatan akan dipastikan secara langsung terdaftar dalam DPT atau tidak oleh KPU. Pihak KPU sendiri memiliki alasan sendiri memastikan data staf kecamatan dan kelurahan sudah terdaftar atau belum dalam DPT Pemilu 2019 di Kota Jambi.

Baca: Harga Emas Tambah Berkilau, Pengaruh Ekonomi Global Hingga Menguatnya Dolar

“Sebelum kita mengecek data warga secara umum. Kita akan cek dan periksa betul data-data staf di kecamatan dan kelurahan sudah terdaftar belum dalam DPT,” ungkap Arif Lesmana Yoga, Komisioner KPU Kota Jambi, Selasa (16/10).

Arif menjelaskan bahwa bila ada staf di kecamatan dan kelurahan yang belum terdaftar dalam DPT. Dirinya, mengatakan bagaimana mereka mau memastikan agar warga lain masuk terdaftar dalam DPT untuk pemilu 2019 mendatang. Sebab, melalui pihak kecamatan dan kelurahan inilah mengimbau agar warga pro aktif mengecek dan memeriksa dan melaporkan diri mereka bila belum terdaftar dalam DPT.

Bukan itu saja, pihak KPU juga mengaku telah membuka posko pengaduan Gerakan Menjaga Hak Pilih (GMHP) di tiap Kecamatan dan Kelurahan.

“Kami akan mengajak Pemkot Jambi dan pihak partai politik untuk ikut mencermati DPT,” ungkap Arif.

Lantas bila hasil pencermatan atau adanya pengaduan dari warga yang belum masuk dalam DPT, maka petugas di posko pengaduan akan memberikan blanko isian. Warga silahkan isi data yang dibutuhkan dalam blanko tersebut dan menyerahkan FC eKTP. Nanti data tersebut akan dimasukan dalam DPT oleh petugas.

Baca: Plt Gubernur Ingin Menerapkan Pemeliharan Danau di Jepang Ke Provinsi Jambi

Baca: Putusan Inkrah, Terpidana Kasus Narkotika Ajukan PK Minta Pajero Sport Dikembalikan

“Bila ada warga yang mengadukan belum masuk dalam DPT. Silahkan lapor ke posko pengaduan di kelurahan dan kecamatan. Nanti diberikan formulir dengan menyerahkan FC eKTP,” terang Arif.

Tidak itu saja, bila ada warga yang meninggal dunia, pindah domisili atau pendatang baru. Maka bagi mereka yang mengetahui atau yang bersangkutan secara langsung diharapkan melaporkan diri mereka kepada petugas di posko pengaduan. Sehingga bisa diproses sesuai kondisi yang ada.

Berdasarkan data dari KPU bahwa jumlah TPS di Kota Jambi mencapai 1.952 unit di 11 kecamatan. Sementara Daftar Pemilih Hasil Perbaikan 1, sebanyak 393.454. setelah dilakukan pencermatan ternyata banyak terdapat pemilih ganda sebanyak 1.035 dan meninggal 27 orang, pindah domisili 53 orang dan tidak dikenal empat orang serta yang mengubah data sebanyak 940 orang.

“Untuk saat ini DPTHP-2 di Kota Jambi sebanyak 393.525 jiwa,” ungkap Arif.

Baca: Ini Jumlah Terakhir Pelamar CPNS Tebo, Ada 18 Honorer Kategori II

Baca: 18 Orang di Pasar Atas Muara Bungo Belum Terdaftar

Baca: Festival of Light Dihentikan Sementara Pemkot Jambi

Selanjutnya, besok (hari ini.red) pihak KPU Kota Jambi dan KPU Provinsi Jambi akan turun langsung ke beberapa lokasi untuk melakukan pengecekan. Direncanakan mereka akan ke lapangan sekira pukul 10.00. Mereka akan mengecek posko yang sudah disiapkan di Legok dan Kenali Asam Atas.

Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved