Sejumlah Desa Pamerkan Hasil BUMDes

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Merangin menggelar Bursa Inovasi Desa.

Sejumlah Desa Pamerkan Hasil BUMDes
TRIBUN JAMBI/MUZAKKIR
Bupato, Kejari, Kapolres dan Dandim serta Wakil Bupati mengunjungi stand BUMDes dan mencicipi hasil kerajinan yang diproduksi oleh BUMDes di Kabupaten Merangin. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Merangin menggelar Bursa Inovasi Desa.

Ratusan Desa di Kabupaten Merangin berkumpul dihalaman PMD, mereka menggelar berbagai kegiatan. Satu diantara pameran hasil produk BUMDes yang dikelola desa-desa di Kabupaten Merangin.

Baca: Terdakwa Bersedia Bayar Uang Damai Rp 5 Juta, Ayah Korban Minta Kasus Dihentikan. Ini Jawaban Hakim

Dalam acara itu, Bupati dan Kabupaten Merangin ikut hadir dalam acara tersebut. Bupati mengatakan, Bursa Inovasi Desa hendaknya jangan hanya menjadi acara seremonial belaka. Apa yang ditampilkan, harus benar-benar hasil dari pembangunan desa yang berkelanjutan.

‘’Kalau kita melihat 10 tahun silam, betapa sulitnya seorang kepala desa untuk membangun desanya. Tapi beda dengan sekarang, banyak kegiatan fisik yang dilakukan di desa-desa,’’ kata Bupati.

Ini artinya lanjut bupati, tujuan dan sasaran pemerintah pusat mengucurkan dana desa itu sudah sangat tepat. Untuk 2019 ini dana desa yang akan dikucurkan sebesar Rp 85 triliun.

Katanya, besarnya dana yang akan dikucurkan itu terbukti jika Pemerintah Pusat sangat serius untuk mempercepat pembangunan di pedesaan.

Menggeliatnya pembangunan di pedesaan itu jelas bupati, terbukti dengan kantor desa yang setiap harinya buka terus dengan berbagai aktivitas dan perekonomian masyarakat yang kian membaik.

Baca: Diminta Lengkapi Izin Pembuangan Limbah, Pihak PT Huma Indo Kelapa Sebut Terkendala Konsultan

Baca: Kisah Hilangnya Sopir Travel asal Jambi, Hingga Ditemukan Warga Muba Sumsel di Sungai

Terkait pesatnya pembangunan di desa itu, bupati akan memberikan penghargaan khusus bagi desa yang telah membuat tahapan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) dengan baik dan sempurna.

"Saya minta kepala desa membenahi manajemen desanya dengan administrasi yang baik dan lengkap. Semua desa harus bersaing membuat inovasi-inovasi dalam membangun desa," ungkap bupati lagi.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved