Breaking News:

Beginilah Cara Orang Rimba Mencoblos Pada Pemilu 2019, Ada 5.000-an Mata Pilih di Provinsi Jambi

Ketika sudah melakukan pemilihan, mereka kembali ke kediaman mereka di hutan. Namun, pada Pilpres 2009 dan 2014, mereka ...

Tribun Jambi
Ilustrasi: Orang Rimba di Kabupaten Sarolangun. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi memiliki potensi besar dalam pemilihan umum 2019. KPU dan Dukcapil akan membantu perekaman data kependudukan warga SAD agar memiliki hak pilih.

Data dari KKI Warsi, ada lebih kurang 5.000 data warga SAD yang tersebar di beberapa kabupaten.

Sementara itu, KPU mengaku sudah mengakomodir sebagian dari warga SAD masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Akan tetapi masih ada sebagian besar yang belum terdata dalam DPT. Hal ini terkait dengan syarat masuk dalam DPT harus sudah melakukan perekaman data kependudukan.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sri Hadiyenti, mengatakan bahwa mereka tetap mengakomodir hak pilih dari warga SAD. Bahkan sebagian dari warga SAD tersebut sudah masuk dalam DPT.

“Sudah ada 1.500 warga SAD yang masuk dalam DPT,” ungkap Sri Ahdiyenti, Jumat (12/10).

Sri Ahdiyenti menyadari masih banyak warga SAD yang belum bisa diakomodir dalam DPT. Hal ini terkait dengan persyaratan mereka untuk bisa masuk dalam DPT. Maka dari itu pihak KPU yang tengah menjalankan program perlindungan hak pemilih terus melakukan pengawasan terhadap hak pilih warga SAD.

“Sekarang proses dalam rangka melindungi hak pemilih. Mereka juga termasuk yang kita data,”ungkap Ahdiyenti.

Komisioner KPU Provinsi Jambi ini mengungkapkan bahwa mereka bekerjasama dengan pihak Dukcapil. Dimana, nanti pihak KPU dan Dukcapil akan melakukan pendataan pemilih dari warga SAD. Sedangkan pihak Dukcapil yang akan melakukan perekaman data warga SAD agar bisa dimasukan dalam DPT.

“Kita akan kerjasama dengan Dukcapil. Dan untuk data kependudukan SAD nanti ada kekhususan. Mereka akan direkam tanpa menggunakan syarat formil. Nanti KK dan KTPnya langsung di Cap Dukcapil,” ujarnya.

15022017 Orang Rimba usai nyoblos
15022017 Orang Rimba usai nyoblos (IST)
Halaman
123
Penulis: Hendri Dunan
Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved