Pemkot Jambi Anggarkan Rp 1,1 untuk WiFi Gratis

Pemkot Jambi telah menganggarkan sebesar Rp 1,1 miliar untuk Diskominfo, yang digunakan untuk sediakan WiFi gratis.

Pemkot Jambi Anggarkan Rp 1,1 untuk WiFi Gratis
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA
04082017_wifi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi terus melakukan penambahan WiFi gratis di beberapa fasilitas umum terutama taman yang ada di Kota Jambi. Sebagian besar WiFi merupakan bantuan CSR dari beberapa perusahaan. Namun, Pemkot juga menyediakan WiFi gratis yakni di sekitaran Taman Jomblo Kota Baru.

Nirwan, Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, mengatakan Pemkot Jambi telah menganggarkan sebesar Rp 1,1 miliar untuk Diskominfo. Anggaran ini dipergunakan untuk penyediaan WiFi gratis, aplikasi website seluruh OPD dan penghubung yang bersifat online di lingkup pemerintahan Kota Jambi.

“Anggaran Rp 1,1 miliar tersebut secara keseluruhan yang ada di Diskominfo termasuk yang menghubungkan semua OPD,” katanya.

Nirwan menjelaskan bahwa WiFi bantuan CSR dari perusahaan swasta diletakkan di tujuh titik, Taman Jomblo, Taman Jaksa, Taman PKK, Taman Simpang Pulai, taman di Jembatan Makalam, Taman Remaja, dan taman di Seberang Kota Jambi tepatnya di depan Sanggar Batik. Selain itu, di dua kampung bantar di kawasan Jelutung dan Bagan Pete. Ada beberapa titik di kawasan Pasar yang saat ini sedang dipersiapkan.

Dari anggaran APBD Kota ada tiga titik WiFi yang diletakkan di sekitar Taman Jomblo Kota Baru. Tepatnya di depan kantor DLH, kantor Satpol PP dan Disperindag Kota Jambi.

“Kalau di Taman Jomblo ini banyak WiFi yang tersedia. Baik dari Pemkot maupun dari CSR,” ujarnya.

Pada 2019 mendatang, jumlah WiFi akan ditambah dibeberapa titik lagi. Hanya saja, Nirwan belum bisa memastikan berapa jumlah WiFi lagi yang akan diletakkan di fasilitas umum di Kota Jambi.

“Kalau WiFi itukan kebanyakan dari CSR. Biasanya Oktober ini baru diketahui jumlah pastinya. Biasanya pihak perusahaan akan langsung memberi tahu berapa jumlah yang mereka berikan. Dan akan kita tentukan dititik mana saja yang akan dipasang,” jelasnya.

Kata Irwan, saat ini WiFi yang ada di beberapa titik di Kota Jambi memang terkadang kurang lancar atau lelet. Diijelaskannya untuk satu lokasi biasanya hanya bisa menjangkau sebanyak 20 smartphone.

"Kita akui saat ini kondisi WiFi di beberapa titik itu cukup lelet. Apalagi kalau siang hari terutama yang ada di sekitaran Pedestrian Jomblo atau Kota Baru. Karena memang banyak yang menggunakan fasilitas tersebut terutama pada siang hari. Namun kalau sudah malam cukup lancar," katanya.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan guna memberikan layanan dan penyediaan fasilitas WiFi bagi masyarakat Jambi. Sehingga Kota Jambi memang benar-benar menuju smart city dan masyarakatnya bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan baik tanpa harus banyak mengeluarkan uang untuk membeli paket internet.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved