TPID Diharapkan Bisa Inovatif dan Peka Terhadap Kebutuhan Masyarakat Desa

Untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien, pemerintah Kabupaten Merangin menggelar

TPID Diharapkan Bisa Inovatif dan Peka Terhadap Kebutuhan Masyarakat Desa
TRIBUN JAMBI/MUZAKKIR
Wakil Bupati Merangin H Mashuri. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien, pemerintah Kabupaten Merangin menggelar acara pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) program inovasi desa.

Acara yang digelar di Aula Hotel Cantika Bangko ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Merangin H Mashuri.

‘’Kita harapkan melalui pelatihan ini kedepannya program kegiatan pembangunan di pedesaan yang direncanakan, akan lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa,’’ ujar Wabup.

Baca: Positif Gunakan Narkoba, Warga Binaan Lapas Bangko akan Dipindahkan ke Sabak

Dalam jangka menengah lanjut Wabup, upaya ini diharapkan mampu mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi dan kemandirian desa.

Untuk kelancaran pelaksanaan program inovasi desa tersebut, ditingkat kabupaten telah dibentuk tim Kabupaten Merangin yang terdiri dari pembina, pengarah, penanggungjawab, koordinator, kelompok kerja dan sekretariat tim inovasi kabupaten.

Sedangkan untuk di kecamatan, sekarang ini telah dibentuk TPID disetiap kecamatan. Pengurusnya terdiri dari perwakilan warga desa yang berada di wilayah kecamatan yang dibentuk berdasarkan musyawarah antar desa.

TPID merupakan pelaksana kegiatan pengelolaan pengetahuan inovasi desa di kecamatan dan berkedudukan di kecamatan. TPID merupakan kelompok masyarakat yang mengelola dana bantuan pemerintah PPID.

Baca: Kebakaran di Desa Tebing Maro Sebo Ulu, 3 Rumah Ludes dan 2 Dirobohkan Paksa

Baca: Pemkab Batanghari Siap Menyambut Kedatangan UAS 11 Oktober Mendatang

Pelatihan TPID diikuti sebanyak 120 peserta. ‘’Saya minta peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin, sehingga bisa memahami tugas pokok dan fungsi TPID itu sendiri yang pada akhirnya bisa mewujudkan desa mantap,’’ terang Wabup.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved