KPU Dalami Temuan Caleg Tenaga Honor

Informasi ini sendiri Tribun peroleh ketika Ketua KPU Kota Jambi, Abdul Rahim dalam acara sosialisasi di salah satu hotel di Kota Jambi Sabtu (6/10).

KPU Dalami Temuan Caleg Tenaga Honor
Daftar Calon Tetap KPU Kota Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Adanya calon legislatif (Caleg) yang masih menjadi tenaga honorer di instansi pemerintah Kota Jambi, dipelajari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi.

KPU menegaskan bila terbukti melanggar aturan, tidak ada alternative kecuali pencoretan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Saat ini KPU Kota Jambi sedang mempelajari adanya temuan caleg yang masih terdaftar sebagai tenaga honorer disalah satu SKPD di Kota Jambi. Caleg tersebut terdaftar sebagai caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Jambi.

Baca: Bakri Beberkan Strategi Kampanye Caleg PAN, Ini yang Dilakukan Meningkatkan Elektabilitas Parpol

Informasi ini sendiri Tribun peroleh ketika Ketua KPU Kota Jambi, Abdul Rahim dalam acara sosialisasi di salah satu hotel di Kota Jambi Sabtu (6/10).

Saat itu, Ketua KPU akan segera menyurati pihak partai dan mereka sendiri akan mempelajari temuan tersebut. Sayangnya ketika itu, Ketua KPU Kota Jambi tidak menyebutkan nama dan partai.

Meski demikian, Tribun berhasil mendapatkan nama caleg dan dari partai serta nomor urut dalam DPT Partai. Caleg dimaksud yakni, Miming Handoko,S.Pd.I dari partai PBB Kota Jambi, dengan dapil IV Jambi Timur, Pelayangan, Jelutung dan Pasar Jambi.

Baca: VIDEO Atuk Kulup: Profil Calon Legislatif Harus Lengkap, dan Kreadibilitas Caleg Jelas

Sementara itu, Yatno, Divisi Teknis KPU Kota Jambi, mengiyakan adanya temuan tersebut. Namun, mereka belum berani mengungkapkan banyak hal karena sedang mempelajari hukum untuk memproses temuan tersebut.

“Saat ini kami memang sedang mempelajari temuan tersebut. Kami akan mencari informasi dari berbagai sumber mengenai hal itu,” ungkap Yatno, Senin (8/10).

Yatno mengungkapkan bahwa dirinya bahkan mencari informasi terkait peraturan yang sudah dipegang saat ini. Khususnya instansi lain non pemerintah yang dananya bersumber dari APBN. Terutama mengenai kejelasan mengenai beberapa hal yang terdapat di PKPU.

Baca: MA Terima Mantan Koruptor Nyaleg, Zulkifli Akan Tuntut KPU Kota Jambi 

Ditengah proses tersebut, Yatno mengakui bahwa dua hari kedepan mereka akan mengirimkan surat kepada pihak partai terkait. Sebab, hal itu memang harus mereka lakukan. Sebab, bila ada keputusan final yang tidak bisa diperbaiki bila pihak KPU sudah mencoret DPT caleg dimaksud.

“Dalam dua hari kedepan, kami baru akan mengirimkan surat kepada pihak partai,” tegas Yatno. (*)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved