BRG Jambi: 70 Ribu Ha Lahan Gambut di Jambi Sudah Dipulihkan

Provinsi Jambi menjadi salah satu daerah dengan lahan gambut terluas di Indonesia. Luasnya mencapai 700.000 hektare

BRG Jambi: 70 Ribu Ha Lahan Gambut di Jambi Sudah Dipulihkan
TRIBUN JAMBI/TOMMY KURNIAWAN

Laporan Wartawan TribunJambi.com Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI - Provinsi Jambi menjadi salah satu daerah dengan lahan gambut terluas di Indonesia. Luasnya mencapai 700.000 hektare. Dari jumlah itu, Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Pemprov Jambi menargetkan bisa memulihkan 151.662 hektare lahan gambut di daerah tersebut.

Sekretaris Badan Restorasi Gambut (BRG) Provinsi Jambi, Evi mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan pemulihan sekitar 70 ribu hektare lahan gambut yang berada di tiga Kabupaten yakni Muaro Jambi, Tanjabbar dan Tanjabtim.

Baca: Sekda: Seluruh Pihak Harus Berkoordinasi Pulihkan Gambut

"Kita targetkan di Tahun 2020 pemulihan gambut bisa selesai," kata Evi.

Sebelumnya, Badan Restorasi Gambut (BRG) menggelar rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Jambi yang bertempat di Swiss Bellhotel, Rabu (3/9).

Kegiatan ini dihadiri Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, Sekretaris BRG Daerah Provinsi Jambi, Evi dan perwakilan dari tiga Kabupaten yang memiliki lahan gambut paling banyak di Provinsi Jambi Yakni Muaro Jambi, Tanjabbar dan Tanjabtim.

"Kita berupaya kelompok masyarakat yang terlibat dalam pemulihan gambut bisa bersinergi. Kita berharap pihak perusahaan juga bisa sama berkomitmen," katanya.

Sebelumnya, di tahun 2017 ada 151.662 hektare lahan gambut yang rusak, dari total 700 ribu, 99 ribu berada dikawasan konsesi perusahaan, HTI, HPH dan perkebunan sawit.

Baca: Pagi Ini Bupati Batanghari Rombak Ratusan Pejabat Eselon III dan IV

Baca: Warga Kumpeh Ulu Diduga Akhiri Hidup dengan Cara Gantung Diri

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved