Pemilu 2019

Bawaslu Awasi Kampanye di Medsos, Partai Wajib Laporkan 10 Akun

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi mengawasi akun media sosial yang digunakan peserta pemilu untuk berkampanye.

Bawaslu Awasi Kampanye di Medsos, Partai Wajib Laporkan 10 Akun
TRIBUN JAMBI/HENDRI DUNAN
Bawaslu Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi mengawasi akun media sosial yang digunakan peserta pemilu untuk berkampanye. Konten kampanye, isi, waktu dan lokasi menjadi pengawasan terikat dari Bawaslu selama masa kampanye.

Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi,  Rafiqoh Febrianti ketika di konfirmasi Tribunjambi.com mengatakan bahwa ada 10 akun media sosial tiap partai yang wajib dilaporkan. Dan mereka mengawasi semua akun Medsos yang dilaporkan tersebut. 

Baca: Isu Persalinan Tidak Dijamin BPJS Kesehatan Itu Tidak Benar, Buktinya Istri dan Anak Saya

"Pengawasan kita terhadap akun Medsos mereka tentu terus kita lakukan," terang Rafiqoh, Rabu (26/9).

Rafiqoh mengungkapkan, bahwa pengawasan mereka tentu terhadap apa yang dilarang dan dinilai itu sebagai bentuk pelanggaran. Seperti melakukan kampanye hitam baik kepada partai lain atau kandidat lain. Termasuk masih ada beberapa hal lain yang juga ikut menjadi pengawasan dari Bawaslu.

Untuk kegiatan sosialisasi pertemuan terbatas, tatap muka atau agenda lain. Pihak Bawaslu pun ikut melakukan pengawasan. 
"Setiap peserta pemilu ingin melakukan kegiatan mereka harus mendapatkan izin dari aparat dan itu ditembuskan ke kita. Maka kita akan ikut mengawasi," ucap Rafiqoh.

Terkait waktu dan tempat, diakui Rafiqoh mereka mengikuti apa yang diatur oleh pihak kepolisian. Selain itu, bila terjadi perubahan acara dam jadwal tetapi tidak dilaporkan kepada pihak Bawaslu. Maka mereka berhak untuk membubarkan kegiatan tersebut. Maka dari itu, bila partai politik ingin melakukan kegiatan harus terjadwal dan dilaporkan.

Baca: VIDEO: Pastikan Gas Subsidi Tepat Sasaran, Ini Penjelasan Atuk dalam Episode Atuk Kulup

Baca: Polda Jambi Buka Seleksi Penerimaan CPNS. Pendaftaran Sudah Dibuka Hingga 4 Oktober

Bila ada yang berkampanye menggunakan akun lain dari 10 akun yang dilaporkan, maka bila terjadi pelanggaran ranahnya menjadi kewenangan pihak kepolisian. Terlebih bila aku medsos tersebut melakukan kampanye hitam atau sara.

Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved