Polemik Impor Beras, Moeldoko: Tidak Boleh Pada Saat Petani Lagi Mau Panen

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia masih memerlukan impor namun impor tak boleh dilakukan mendekati waktu panen petani.

Polemik Impor Beras, Moeldoko: Tidak Boleh Pada Saat Petani Lagi Mau Panen
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia masih memerlukan impor namun impor tak boleh dilakukan mendekati waktu panen petani.

Moeldoko menambahkan dirinya akan marah kalau impor mendekati waktu panen petani lokal

"Memang kita masih memerlukan impor. Impor tidak boleh pada saat petani lagi mau panen. Jadi kalau impor pas petani mau panen, saya sebagai ketua HKTI juga marah dong, saya memperjuangkan petani saya,"‎ ujar Moeldoko, saat ditemui kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/9/2018) seperti dilansir TribunWow .com dari WartaKota.

Baca: Dikira Beli Nasi Uduk, Bobi tak Pulang-pulang. Malah Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

 Moeldoko juga menilai impor beras pada tahun ini sangat diperlukan, mengingat produksi beras di dalam negeri tidak mencukupi kebutuhan secara nasional.

"‎Sampai dengan 2015, Indonesia masih impor (beras), kurang lebih 1,5 juta (ton). Bagaimana perkembangan sampai sini, secara realistis, kita memang masih perlu impor," ucapnya.

Moeldoko menilai penyusutan lahan pertanian ‎di berbagai daerah menyebabkan produksi dengan kebutuhan beras tak seimbang bahkan mencapai 2,4 juta ton per bulan.

Menurutnya, data terakhir menunjukkan penyusutan lahan terjadi sekitar 24 persen.

"Jadi memang secara alami ada penyusutan karena ada pembangunan jalan tol, kawasan industri yang dibuka, sehingga mengurangi tanah-tanah itu, sehingga secara logika kebutuhan beras nasional tidak bisa diproduksi sepenuhnya oleh kita," jelas Moeldoko.

Moeldoko juga menyebutkan selain terbatasnya lahan pertanian, faktor cuaca, hama, dan lain-lainnya sangat mempengaruhi produktivitas beras di Tanah Air.

Baca: Hasil China Open 2018, Jonatan Christie Tumbang, The MInions Kalahkan Pasangan Thailand 24 Menit

Polemik Impor Beras 

Halaman
123
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved