Api Membumbung Tinggi di Bandara Muara Bungo

Api membumbung tinggi di seputaran bandara Muara Bungo, pada Selasa (18/9).

Api Membumbung Tinggi di Bandara Muara Bungo
Tribun Jambi/Heri Prihartono
Karhutla di Tebo, Senin (20/8) malam. 

Laporan wartawan Tribun Jambi Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Api membumbung tinggi di seputaran bandara Muara Bungo, pada Selasa (18/9).

Setelah dilihat dari dekat lahan yang ditumbuhi semak di sekitar bandara Muara Bungo terbakar. Api diketahui mulai membesar sekitar pukul 09.00 pagi. Karena sulitnya pemadaman, hingga sore api semangkin membesar.

Whidi Nugroho selaku Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Bungo mengatakan, kebakaran tersebut tak  sampai menggangu penerbangan. Pasalnya, jarak lahan yang terbakar berjarak 1 kilometer dari landasan pacu.

"Dari pagi sudah terbakar, tapi jaraknya masih lebih dari 1 kilometer. Semakin sore apinya semakin mendekat, tapi tidak sampai mengganggu penerbangan. Kami juga melakukan penyiraman di lokasi yang belum terbakar sebagai langkah antisipasi," katanya Whidi.

Baca: Api Membakar Lahan Sekitar Pagar Bandara Muara Bungo

Ia memgakui, jika lahan yang terbakar ini masuk dalam kawasan bandara Bungo. Hanya saja jauh dari bangunan serta landasan pacu bandara. Kebakaran tersebut telah menghanguskan setidaknya 3 hektare lahan bandara.

"Memang masih masuk kawasan bandara, tapi bukan yang kawasan safety. Kawasan ini berbukit dan ditumbuhi semak ilalang sehingga sangat mudah untuk terbakar," sebutnya.

Sementara itu dari pantauan di lokasi pihak pemadam kebakaran dan Polres Bungo melakukan penjagaan di lokasi bandara hingga larut malam. Pihak pemadam kesulitan untuk mendekati titik api yang cukup jauh dari jalan.

"Kita bersama Damkar melakukan penjagaan sampai besok pagi. Malam ini tidak bisa bertindak karena resikonya terlalu tinggi ," ucap Kompol Siragih, Wakapolres Bungo.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved