Pemilu 2019

Masa Kampanye Calon Legislatif 203 Hari , Ini Jadwal dan Aturannya

Waktu kampanye pemilu legislatif akan menghabiskan waktu 203 hari, ini terhitung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Masa Kampanye Calon Legislatif 203 Hari , Ini Jadwal dan Aturannya
tribunjambi/andika
Komisioner KPU Provinsi Jambi Afnizal 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Waktu kampanye pemilu legislatif akan menghabiskan waktu 203 hari, ini terhitung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Meski demikian setiap tanggal terdapat tahapan kampanye masing-masing.

Dalam aturannya ada delapan macam kampanye terdiri dari pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, media sosial, iklan media cetak, elektronik dan media dalam jaringan, dan rapat umum. Semua waktu diatur dari 23 September 2018- 13 April 2019, kecuali rapat umum dan iklan di media massa dimulai 24 Maret 2019 hingga 13 April 2019.

Baca: Sekda: Hargai Waktu, Disiplin Harus Ditegakkan

Komisioner KPU Provinsi Jambi Afnizal mengatakan,  peserta Pemilu dapat melakukan pemasangan APK dan iklan media cetak, media elektronik dan media dalam jaringan selain yang difasilitasi KPU, dilarang melakukan kampanye sebelum  dimulainya masa kampanye.

"Semua partai politik yang akan memfasilitasi bahan kampanye calon anggota legislatif," ujar Afnizal.

Namun demikian Afnizal mengatakan untuk pemasangan alat peraga akan ada Lokasi Pemasangan yang ditetapkan dengan keputusan KPU dengan Pemda setempat.

"Kita akan mengatur zonasi tempat pemasangan alat peraga kampanye," ujar Afnizal.

Dia mengatakan lokasi  yang menjadi milik perseorangan atau badan swasta harus mendapatkan izin pemilik tempat tersebut harus diturunkan atau dibersihkanoleh Peserta Pemilu paling lambat 1 (satu) Hari sebelum hari pemungutan Suara.

Meski demikian ada lokasi yang dilarang tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah; dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah). 

Baca: Tanggapi Dakwaan, Tim Penasihat Hukum Madel Cs Bacakan Eksepsi

Baca: Kapolda Jambi Ajak Mahasiswa Unja Melawan Hoaks

Penulis: andika
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved