Negara India, Hubungan Sesama Jenis Bukanlah Kejahatan, Namun Tetap Kriminal Jika Lakukan Ini

Putusan itu menyatakan sebuah ayat dari hukum era kolonial yang berusia 146 tahun di India,

Negara India, Hubungan Sesama Jenis Bukanlah Kejahatan, Namun Tetap Kriminal Jika Lakukan Ini
Hollywoodreporter.com/Listverse.com
Emoji LGBT 

TRIBUNJAMBI.COM - Putusan itu menyatakan sebuah ayat dari hukum era kolonial yang berusia 146 tahun di India, yang dikenal sebagai "Ayat atau paragraf 377” - yang berisi larangan hubungan seksual sesama jenis- tak berlaku lagi.

Sebelumnya, dalam ayat 377 itu disebutkan pelanggar ketentuan tersebut dapat dikenai hukuman hingga 10 tahun penjara. Kini Mahkamah Agung India menyatakan undang-undang itu bertentangan dengan hak asasi yang terabadikan dalam konstitusi India.

"Undang-undang itu telah menjadi senjata pelecehan bagi komunitas LGBT," kata Ketua Majelis Hakim, Dipak Misra ketika dia mengumumkan putusan tersebut.

Keputusan bulat itu diambil sebagai respon atas sebuah petisi yang diajukan oleh lima orang yang mengatakan mereka hidup dalam ketakutan akibat dilecehkan dan diadili oleh polisi.

Baca: Pengacara Ahok Siap Urus Perizinan Pernikahan Kliennya di Tahanan Mako Brimob

Baca: Pengacara Basuki Tjahaja Purnama Blak-blakan Rencana Ahok Nikah Lagi dengan Polwan Cantik

"Kami merasa sebagai warga negara yang sama sekarang," kata aktivis Shashi Bhushan kepada kantor berita AFP. "Apa yang terjadi di kamar tidur kini dikembalikan menjadi urusan kami."

Mendapat sambutan
Para aktivis menyambut keputusan itu. Direktur Human Rights Watch kawasan Asia Selatan, Meenakshi Ganguly mengatakan "ini adalah hari yang baik untuk hak asasi manusia," dan ia menambahkan bahwa ia berterima kasih kepada "semua yang berjuang untuk masalah ini, menentang prasangka terburuk."

Produser film dan sutradara Bollywood Karan Johar menyebut putusan itu bersejarah. "Hari ini sangat membanggakan! Mendekriminalisasi homoseksualitas dan menghapus Ayat 377 adalah hal yang patut diberi acungan jempol baik bagi kemanusiaan dan persamaan hak!" tulisnya di Twitter. "Negeri ini mendapatkan kembali ‘oksigen'nya!"

Hubungan seks dengan hewan tetap kriminal

Pada tahun 2009, pengadilan di ibukota New Delhi telah mencabut aturan itu, tetapi pengadilan tertinggi di negara itu mengembalikannya sebagai tindak pidana pada tahun 2013, karena tunduk pada tekanan dari kelompok agama.

Ayat 377 melarang "hubungan seks (carnal intercourse) yang tidak alamiah baik dengan laki-laki, perempuan, maupun hewan"- yang secara luas ditafsirkan sebagai rujukan pada hubungan seks homoseksual.

Halaman
12
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved