Kesehatan

Menurunkan Berat Badan pada Pria Lebih Mudah dan Menyehatkan, Mengapa Wanita Sebaliknya?

Mempunyai kelebihan berat badan memang berasa tak nyaman, apalagi bagi perempuan. Selain rentan penyakit, juga kurang

Menurunkan Berat Badan pada Pria Lebih Mudah dan Menyehatkan, Mengapa Wanita Sebaliknya?
tribunjambi/nurlailis
Ilustrasi: Pound Fit di Sanggar Herlin, Talang Banjar 

TRIBUNJAMBI.COM - Mempunyai kelebihan berat badan memang berasa tak nyaman, apalagi bagi perempuan. Selain rentan penyakit, juga kurang mendukung penampilan menarik. Demi ukuran tubuh yang proporsional wanita rela mati-matian olahraga dan diet, namun tak semudah itu langsung mendapatkan tubuh ideal.

Berbeda dengan laki-laki yang lebih mudah menurunkan berat badan, wanita cenderung lebih lama. Kenapa ya?

Dilansir Healthline, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pada proses penurunan berat badan, pria memang turun lebih cepat daripada wanita. Pria juga mendapatkan lebih banyak manfaat dari segi kesehatan ketimbang wanita.

Baca: VIDEO: Pelampung Terlepas, Balita Coba Selamatkan Diri Sendiri. Ibunya Sibuk dengan. . .

Studi tersebut menelaah 2.200 orang dewasa yang kelebihan berat badan (disebut dengan obesitas) di Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Masing-masing objek penelitian tersebut memiliki kondisi prediabetes.

Selama 8 minggu masa penelitian, para partisipan melakukan diet 800 kalori per hari. Mereka makan sup, shakes, serealia panas, dan sayur-sayuran rendah kalori. Pada akhir penelitian, pria mengalami penurunan lebih banyak sebesar 16% daripada wanita. Dengan rata-rata penurunan berat badan sekitar 11,79 kg pada pria dan 9,97 kg untuk wanita.

Tak sampai di situ. Dibandingkan wanita, pria masih lebih unggul dengan hasil berupa jumlah lemak tubuh yang lebih sedikit dan risiko diabetes yang lebih rendah.

Sementara untuk wanita, diet rendah kalori memiliki dampak lain yang tidak sepenuhnya positif. Hasil penelitian terhadap wanita menunjukkan jumlah mineral dalam tulang yang berkurang banyak, sehingga hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi lebih lemah.

Baca: Percaya Cinta pada Pandangan Pertama, Simak Hal Gila yang Dilakukan Pria Ini

Baca: Tahukah Anda, Bau Hantu Itu Memang Ada. Ini Penjelasan Medisnya

Lean body mass, atau massa badan yang tidak berlemak pada wanita, juga turut menurun. Hal ini dapat memperlambat metabolisme yang berakibat penurunan berat badan yang lebih lambat.

Mengapa bisa demikian?

Diulas klikdokter.com, Bobby Agung Prasetyo menyebut, berbeda dengan wanita, jenis lemak yang hilang atau berkurang pada pria dianggap membuat mereka lebih sehat. Berat badan pria pada umumnya terpusat di bagian tengah tubuh yang biasa disebut lemak viseral.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved