Cegah Gratifikasi, ULP Undang KPK saat Rakornis

Untuk mencegah gratifikasi yang rentan dilakukan beberapa oknum, unit Layanan Pengadaan Kota Jambi menggelar Rapat Koordinasi

Cegah Gratifikasi, ULP Undang KPK saat Rakornis
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Untuk mencegah gratifikasi yang rentan dilakukan beberapa oknum, unit Layanan Pengadaan Kota Jambi menggelar Rapat Koordinasi Teknis yang juga mengundang pihak Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) Selasa (4/9).

Dalam rakornis tersebut KPK mengingatkan para pelaku pengadaan untuk tidak mencoba-coba melakukan aksi gratifikasi. Menurut Aldiansyah Nasution alias Coki, Koordinator Wilayah II Sumatera koordinasi unit kerja supervisi pencegahan KPK bahwa rakor ini bukan hanya seremonial saja. Melainkan setiap permasalahan yang ada di ULP harus segera dicari solusinya sesuai dengan ketentuan.

Baca: Dewan Tanjabtim Minta Bupati Evaluasi Direktur BUMD

"Tapi harus diingat, jangan ada lagi yang bermain-main uang. Apalagi saat ini aku apalagi saat ini ULP kerjanya sangat banyak, karena harus merencanakan, melelang, sekaligus memonitor. Jadi ULP saat ini memang harus fokus dalam proses pengadaan," kata Coki.

KPK juga mengingatkan jika posisi ULP sangat dekat gratifikasi, sehingga harus benar-benar transparan. "Ingat tidak disiplin saja bisa dinonjobkan," ujarnya.

Ia menyampaikan ada beberapa item yang mana dianggap gratifikasi atau tidak. Karena semuanya sudah diatur dalam undang-undang dan perwal. "Kita ingatkan jangan coba- coba untuk menerima suap," katanya.

Sekiranya sudah masuk masalah gratifikasi, jika ada yang mengetahui. Maka KPK menyarankan untuk lapor ke Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG). "Kalau sudah lapor ke UPG maka UPG akan meneruskan kepada KPK," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada Pemerintah Kota Jambi untuk menyosialisasikan UPG yang berada di bawah Inspektorat.

Baca: Ini Penyebab 7 Penambang Terjebak di Lubang PETI di Renah Pembarap Merangin

Baca: Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabbar Diperpanjang

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved