Harga Karet di Batanghari Tergantung Harga di Singapura

Dinas Koperindag sebut harga karet di kabupaten Batanghari tergantung dari harga karet Singapura.

Harga Karet di Batanghari Tergantung Harga di Singapura
Tribun Jambi/Abdullah Usman
petani karet di Batanghari 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Dinas Koperindag sebut harga karet di kabupaten Batanghari tergantung dari harga karet Singapura. Selain itu, tidak meratanya pasar lelang juga mempengaruhi besaran harga karet di Batanghari.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Batanghari Suparno mengatakan, untuk harga komoditi karet di Batanghari masih bergantung pada harga karet luar negeri, terutama Singapura. Katanya, harga karet di tingkat petani 50-60 persen dari harga karet luar Negeri.

"Presentasi harga karet tersebut ditetapkan oleh pengepul yang ada di Batanghari, baik yang berada di pasar lelang karet maupun di luar pasar lelang karet," ujarnya, Minggu (2/9).

Suparno juga menjelaskan, perbedaan harga karet petani di pasaran tidak hanya dipengaruhi kualitas, namun juga faktor keberadaan pasar lelang yang tidak merata. Sehingga secara tidak langsung menyebabkan harga getah karet di setiap wilayah berbeda.

"Di Batanghari hanya terdapat tiga pasar lelang karet yang masih aktif. Sehingga hanya petani yang berada di sekitar kawasan pasar lelang karet yang menjual hasil perkebunannya ke pasar lelang karet dengan harga lebih baik," ujarnya.

Sementara untuk petani yang jauh dari lokasi pasar lelang karet harus menjual hasil perkebunanya kepada pengepul yang setiap minggunya mendatangi petani. Atau petani yang mendatangi pengepul untuk menjual hasil perkebunannya.

"Tiga pasar lelang karet yang masih aktif tersebut yakni pasar lelang karet di Desa Penerokan, di Desa Ladang Peris dan di Desa Pelayangan," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved