Bupati Jadi Narasumber Sosialisasi Peremajaan Sawit

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS membuka secara resmi sekaligus jadi narasumber sosialisasi peremajaan perkebunan

Bupati Jadi Narasumber Sosialisasi Peremajaan Sawit
TRIBUN JAMBI/DARWIN SIJABAT

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS membuka secara resmi sekaligus jadi narasumber sosialisasi peremajaan perkebunan kelapa sawit yang diselenggarakan Dinas Perkebunan dan Peternakan di Tungkal Hotel, Rabu (29/8).

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Dinas Perkebunan bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) ini ditujukan bagi para pelaku usaha perkebunan sawit khususnya daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Baca: Sidang Putusan Ibu yang Sembunyikan Sabu di Balik Pohon Pisang Ini Ditunda

Selain Bupati, sebagai narasumber yaitu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Ir. H. Agusrizal MM dan Kepala Bidang Pengembangan dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Panca Pria S.P.

Sedangkan peserta sosialisasi sebanyak 80 orang dari Dinas Perkebunan Jambi, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kecamatan, dan Desa lingkup Tanjung Jabung Barat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki potensi perkebunan yang merupakan aset dan modal dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan luas mencapai 145.154 Ha, sektor perkebunan menjadi andalan Tanjung Jabung Barat dalam mengembangkan perekonomian.

Bupati menjelaskan, saat ini tercatat ada lebih kurang 11.302 Ha tanaman kelapa sawit swadaya yang harus diremajakan demi mengurangi dampak negatif terhadap perekonomian di Tanjung Jabung Barat.

Baca: Pemkab Tanjab Barat Serius Perangi Narkoba

Baca: RSUD Tanjabtim Tak Bisa Layani Pasien BPJS Kesehatan pada Poli Mata dan Anak, Ini Masalahnya

Menurut Bupati, Pemerintah telah memberikan solusi terhadap masalah peremajaan sawit dengan pemanfaatan dana bagi hasil pajak CPO melalui BPDP-KS dengan ketetapan keputusan Presiden sebesar 25 juta/Ha.

Bupati berharap kepada instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mendukung kelancaran dan keberhasilan peremajaan kelapa sawit di Tanjung Jabung Barat.

Bupati menambahkan, selain peremajaan perkebunan kelapa sawit, perlu juga diperhatikan pemberdayaan masyarakat selama proses peremajaan tanaman sawit yang lebih kurang mencapai 3 Tahun.

Turut menghadiri pembukaan sosialisasi, Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjung Jabung Barat, Camat, perwakilan Perbankan, KUD, dan pekebun sawit.

Baca: Lalui Jalan Setapak 5 KM untuk Padamkan 4 Ha Lahan Terbakar dengan Pompa Punggung

Baca: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muarojambi Gelar Acara Untuk Wujudkan Anak TK Berkreativitas

Baca: Anji Ungkap Project-nya Kedepan, dari Rilis Lagu Bersama Astrid Hingga Reuni Bareng Drive

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved