Persempit Defisit Transaksi Berjalan, Ini Paket yang Disiapkan Pemerintah dan BI

Bank Indonesia (BI) mencatat, defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) kuartal II-2018 sebesar US$ 8 miliar atau 3,0% dari PDB.

Persempit Defisit Transaksi Berjalan, Ini Paket yang Disiapkan Pemerintah dan BI
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat, defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) kuartal II-2018 sebesar US$ 8 miliar atau 3,0% dari PDB.  Pemerintah pun sudah mempersiapkan beberapa cara untuk memperkecil CAD. 

Setidaknya empat langkah yang telah disusun pemerintah. Pertama, penggunaan biodiesel B20 untuk solar PSO dan non PSO. Kedua, peningkatan sektor pariwisata untuk menarik devisa dari wisatawan asing.

Baca: Deddy Mizwar Jadi Jubir Jokowi-Maruf, Demokrat Tak Mempermasalahkan

Ketiga, meningkatkan penggunaan komponen lokal (TKDN). Keempat,meningkatkan daya dorong belanja pemerintah untuk menggerakkan ekonomi domestik.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Aida Budiman mengatakan, empat langkah yang ditempuh oleh pemerintah ini bisa memperkecil CAD, tetapi belum cukup. Sebab, masih ada aspek lainnya yang tak boleh dilupakan, yakni memperbaiki transaksi modal dan finansial.

“Yang tidak boleh lupa adalah kita perbaiki financial account-nya, yakni dengan memastikan ikim investasi kita, karena di situ masuk FDI dan portofolio investment sehingga tidak bisa begitu saja,” ujar Aida di Yogyakarta, Selasa (28/8).

Dalam data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal II-2018, transaksi modal dan finansial mengalami surplus US$ 4 miliar, lebih besar dibandingkan kuartal I-2018 yang surplus sebesar US$ 2,4 miliar. Meski begitu, surplus tersebut belum cukup untuk membiayai defisit pada neraca transaksi berjalan atau CAD sehingga pada kuartal II-2018, NPI secara keseluruhan mengalami defisit sebesar US$ 4,3 miliar. 

Baca: Unggahan di Twitter Kehilangan Uang di Bagasi Pesawat Menjadi Viral, Ini Tanggapan Lion Air

Baca: Uang Suap Proyek PLTU Riau-1 Diduga Mengalir ke Munaslub Golkar, Ini Jawaban Airlangga

Aida melanjutkan, BI sudah mengambil langkah terkait hal ini. Dengan demikian, empat kebijakan dari pemerintah dan langkah-langkah yang dilakukan oleh BI perlu dilihat menjadi satu kesatuan.

“Ini harus kita lihat dalam satu paket,” ujarnya.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh BI  adalah relaksasi transaksi hedging swap. “Kami lakukan pendalaman pasar keuangan. Kemarin ada (relaksasi) swap. Kami juga menambah instrumen pasar keuangan,” kata Aida.

Selain itu, BI juga telah mereaktivasi Sertifikat Bank Indonesia (SBI) tenor 9 bulan dan 12 bulan pada Senin (23/7). Meski sejauh ini investor asing terlihat belum menyerbu SBI.

Berdasarkan catatan BI, defisit transaksi berjalan di kuartal II-2018 yang sebesar 3% dari PDB didorong oleh aktivitas ekonomi domestik yang meningkat, serta penurunan surplus neraca perdagangan nonmigas di tengah kenaikan defisit neraca perdagangan migas.

Baca: Indonesia Salip Iran, Berikut Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018 Hingga Senin (27/8) Siang

Baca: Bermaksud Membantu, 2 Anggota PRJ Malah Ditembak 3 OTK di Pinggir Tol Kanci-Pejagan

Baca: VIDEO: Kepemilikan Asing Sudah Jauh Berkurang, Kebijakan Pasar Lebih Atraktif

Peningkatan defisit transaksi berjalan dipengaruhi penurunan surplus neraca perdagangan nonmigas di tengah kenaikan defisit neraca perdagangan migas. 

Sementara, penurunan surplus neraca perdagangan nonmigas terutama disebabkan naiknya impor bahan baku dan barang modal, sebagai dampak dari kegiatan produksi dan investasi yang terus meningkat di tengah ekspor nonmigas yang turun.

Peningkatan defisit neraca perdagangan migas dipengaruhi naiknya impor migas seiring kenaikan harga minyak global dan permintaan yang lebih tinggi saat lebaran dan libur sekolah.

Selain itu, pada kuartal II-2018, sesuai dengan pola musimannya, terjadi peningkatan pembayaran dividen sehingga turut meningkatkan defisit neraca pendapatan primer.

Baca: GALERI FOTO: Inilah 5 Negara dengan Upah Tertinggi di Dunia

Baca: Mulai September Menkeu Ingin Impor Barang Konsumsi Berjalan Dibatasi

Baca: VIDEO: Viral Jemaah Haji Indonesia Dibantu Pria Suriah, Gendong di Pundak dan Jalan Sejauh 2 Km

Baca: VIDEO: Aneh, Air Danau Toba Mendadak Berubah Warna Kecokelatan, Lihat Videonya

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved