Pengawasan Beralih ke Provinsi, Disnakertrans Muarojambi Kesulitan Awasi TKA

Fungsi pengawasan TKA menjadi kewenangan Provinsi Jambi sejak 1 Januari 2017.

Pengawasan Beralih ke Provinsi, Disnakertrans Muarojambi Kesulitan Awasi TKA
Tribun Jambi/Samsul Bahri
Kepala Bidang Hubungan Industrial, Disnakertrans Muarojambi, A. Anshar. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Muarojambi mengaku hanya menerima surat tembusan dari setiap perusahaan penjamin Tenaga Kerja Asing (TKA). Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial, A. Anshar.

Ia mengatakan bahwa sejak kewenangan terhadap fungsi pengawasan TKA beralih ke Provinsi, maka pihaknya tidak lagi melakukan pengawasan terhadap TKA yang ada di Muarojambi.

"Kita hanya dapat laporan keberadaan TKA tersebut dari surat tembusan TKA di tiap perusahaan. Laporan ini terkait hanya dengan keberadaanya saja," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kewenangan terhadap fungsi pengawasan TKA ini menjadi kewenangan Provinsi Jambi sejak 1 Januari 2017. 

"Sebelum itu kita ada tim yang melakukan pengawasan terhadap TKA, termasuklah Kejaksaan pihak kepolisian dan pihak lainnya. Kita Dinaskertrans sebagai anggota di dalamnya, tapi sekarang kita tidak lagi lakukan pengawasan," terangnya

Berdasarkan data yang ada di Diskertrans di Kabupaten Muarojambi pada tahun 2017, ada sebanyak 43 TKA yang ada di Kabupaten Muarojambi. Yang mana dari 43 TKA tersebut dijamin oleh 11 perusahaan dan 3 orang perorangan.

Anshar mengaku dengan alih fungsi pengawasan ke Provinsi, pihaknya kesulitan untuk memonitoring keberadaan TKA yang ada di Muarojambi. Meskipun memang pihak perusahaan memberikan surat tembusan terhadap pihaknya.

"Hambatannya pihak provinsi juga tidak berkoordinasi kepada kita dalam melakukan fungsi pengawasan, jadi kita tidak bisa memonitoring keberadaan TKA tersebut," ucapnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved