Unggahan di Twitter Kehilangan Uang di Bagasi Pesawat Menjadi Viral, Ini Tanggapan Lion Air

Seorang penumpang, Jedy Green Forest (24), mengunggah kisahnya yang kehilangan barang di bagasi pesawat melalui akun Twitter-nya,

Unggahan di Twitter Kehilangan Uang di Bagasi Pesawat Menjadi Viral, Ini Tanggapan Lion Air
(Jedy Green Forest)
Dua buah dompet yang dibawa Jedy, dompet hitam (atas) adalah dompet yang ia letakkan dalam koper di kabin pesawat. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Seorang penumpang, Jedy Green Forest (24), mengunggah kisahnya yang kehilangan barang di bagasi pesawat melalui akun Twitter-nya, Jumat (24/8/2018). Unggahan itu menjadi viral, hingga Senin (27/8) sudah diretweet hampir 9.000 kali dan ratusan komentar.

Kepala Kompas.com, Minggu (26/8/2018) pagi, Jedy menceritakan kronologi hilangnya uang di bagasi pesawat saat ia menaiki LionAir JT390 rute Jakarta (CGK)–Pekanbaru (PKU) pada 24 Agustus 2018.

Baca: Menurut Ngabalin, Gerakan #2019GantiPresiden Makar

“Saya masuk di Terminal 1B dan melakukan check-in sekitar pukul 08.30. Seperti biasa, ketika masuk dilakukan scan x-ray sama petugas. Koper saya dinyatakan aman, kemudian saya check-in,” kisah Jedy. Ia menceritakan, saat itu ia membawa dua dompet.

Satu dompet dibawa bersamanya, sementara satu dompet lainnya ia tempatkan di koper bagasi karena sebelumnya koper itu dinyatakan tidak dapat dibawa masuk ke dalam kabin. Dua buah dompet yang dibawa Jedy, dompet hitam (atas) adalah dompet yang ia letakkan dalam koper di kabin pesawat. Dua buah dompet yang dibawa Jedy, dompet hitam (atas) adalah dompet yang ia letakkan dalam koper di kabin pesawat.

“Dompet kecil saya bawa naik di situ ada duit 1 juta dan beberapa kartu penting, seperti ATM dan kartu identitas (KTP dan SIM). Sedangkan di dompet hitam menyisakan beberapa uang dan beberapa kartu yang kurang penting,” kata Jedy.

Sebelumnya, Jedy diminta petugas untuk menandatangani pernyataan yang menyebutkan petugas tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau ketidaksesuaian yang ada pada barang bawaan. Jedy mengaku, ia menandatangani pernyataan itu tanpa membaca terlebih dahulu karena panjangnya antrean penumpang lain. Ia ingin segera menyelesaikan proses check-in.

Baca: VIDEO: 2 Tahun Gauli Siswi Usia 16 Tahun Hingga Hamil, Kritis setelah Dipaksa Minum Penggugur

Baca: Uang Suap Proyek PLTU Riau-1 Diduga Mengalir ke Munaslub Golkar, Ini Jawaban Airlangga

Pernyataan di koper bagasi yang ditandatangani oleh Jedy saat terbang menggunakan Lion Air dari Jakarta (CGK) - Pekanbaru (PKU), Jumat (24/8/2018). Pernyataan di koper bagasi yang ditandatangani oleh Jedy saat terbang menggunakan Lion Air dari Jakarta (CGK) - Pekanbaru (PKU), Jumat (24/8/2018).

Setibanya di Pekanbaru, Jedy mengambil koper di bagian pengambilan bagasi dan menemukan sesuatu yang mencurigakan pada kopernya.

“Posisi retsleting yang tadinya di atas semua pada saat saya berangkat, kemudian berubah di bawah semua, dan belt koper saya lepas. Pada saat itu saya enggak ada pikiran aneh-aneh. Pikir saya petugas bandara membenarkan posisi ritsleting saya agar lebih aman gak dibuka orang lain,” ujar Jedy.

loop

Pernyataan di koper bagasi yang ditandatangani oleh Jedy saat terbang menggunakan Lion Air dari Jakarta (CGK) - Pekanbaru (PKU), Jumat (24/8/2018).(Jedy Green Forest)

Saat sampai di rumah kerabatnya, Jedy membuka koper bawaannya dan menemukan posisi dompetnya telah berubah. Tidak hanya itu, uang yang ada di dalamnya pun hilang. “Saya kaget karena posisi dompet saya ada di atas handuk, dan kancingnya terbuka. Waktu saya cek, benar uang saya sudah gak ada,” kata dia.

Baca: Investor Global Lihat Peluang Belanja Aset Murah, Indonesia dan Brasil Dilirik

Baca: Indonesia Salip Iran, Berikut Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018 Hingga Senin (27/8) Siang

Baca: Diam-diam Wanita Tidak Suka 4 Gaya Hubungan Intim Ini, Suami Perlu Tahu

Ia mengaku ikhlas dan tidak mempermasalahkan uang yang diambil. Akan tetapi, Jedy mempertanyakan profesionalitas maskapai penerbangan yang tidak dapat menjamin keamanan barang bawaan penumpang. Kejadian semacam ini bukan pertama kali terjadi.

Menanggapi unggahan Jedy, beberapa netizen juga mengungkapkan pengalaman yang sama.

Tanggapan Lion Air

Kompas.com meminta tanggapan pihak Lion Air, Minggu (26/8/2018) pagi. Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Saat ini, belum ada sanksi yang dikenakan terhadap oknum petugas terkait. Jika kemudian terbukti bersalah, akan diterapkan tindakan tegas terhadap petugas tersebut.

Baca: VIDEO: Kepemilikan Asing Sudah Jauh Berkurang, Kebijakan Pasar Lebih Atraktif

Baca: Indonesia Pastikan Satu Medali Emas, Marcus/Kevin ke Final

Baca: Perusahaan Teknologi Finansial Akhirnya Punya Payung Hukum dari OJK

Baca: VIDEO: Aneh, Air Danau Toba Mendadak Berubah Warna Kecokelatan, Lihat Videonya

“Terkait dengan masalahtersebut, Lion Air Group melakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Lion akan memberikan sanksi tegas kepada pihak yang terbukti melakukan hal tersebut,” kata Danang. Danang juga mengimbau para penumpang untuk mengemas barang bawaannya dengan baik dan benar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Cerita Penumpang Kehilangan Uang di Bagasi Pesawat, Ini Tanggapan Lion Air",
Editor: fifi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved