VIDEO

Ambergris, Muntahan Ikan Paus Sperma yang Dihargai Mahal. Penemunya Mendadak Kaya-raya

Siapa pun tentu ingin tubuh dan pakaiannya yang mereka kenakan senantiasa harum. Setidaknya ketika tubuh menebar aroma wangi,

Ambergris, Muntahan Ikan Paus Sperma yang Dihargai Mahal. Penemunya Mendadak Kaya-raya
Net

TRIBUNJAMBI.COM - Siapa pun tentu ingin tubuh dan pakaiannya yang mereka kenakan senantiasa harum. Setidaknya ketika tubuh menebar aroma wangi, orang-orang di sekitarnya merasa nyaman untuk tetap dekat dan memberikan citra yang baik kepada pemilik tubuh.

Tidak peduli apa merek pewangi atau parfum yang diberikan, baik dari produsen terkemuka di dunia atau dari paket biasa yang dijual di pinggir jalan. Berbagai wewangian, ada yang diekstraksi dari berbagai jenis bunga. Ada bunga mawar, bunga lavender, beberapa di antaranya diekstraksi dari aroma buah-buahan.

Baca: Sosialisasi Hasil Penelitian Balai Arkeologi Sumsel, Candi Muarojambi Beda dengan Kosmologi India

Tetapi semua ini, tidak akan bertahan lama untuk tercium dari pakaian atau tubuh Anda tanpa salah satu dari bahan ini, ambergris.

ambergris

Apa itu Ambergris?

Ambergris. Nama yang sangat elegan dan modern, tetapi ambergys sebenarnya adalah nama lain untuk ikan paus yang muntah. Percaya atau tidak, ambergris adalah salah satu yang paling dicari oleh nelayan, selain ikan untuk dijual di pasar.

Digambarkan sebagai emas mengambang, sejarah telah mencatat beberapa individu berubah menjadi jutawan instan karena beruntung bertemu dengan komoditas berharga ini secara tidak sengaja. Seringkali ketika ditemukan, ia mengambang di air atau terdampar di pantai, ambergris hanya dapat berbentuk seperti rumpun kapas jika diamati dari kejauhan, atau keras dan berlilin ketika dipegang.

ambergris

Baca: Jika Air Ketuban Pecah Sebelum Waktunya, Ikuti Langkah-langkah Berikut

Baca: 30 Tahun Beroperasi, 60 Pria Terjaring di Klub Gay di Bukit Bintang

Walaupun digunakan untuk menghasilkan minyak wangi, namun bau ambergris sebelum diproses tidaklah seharum seperti yang disangka. Disebabkan baunya yang sedikit kuat, anda memerlukan hewan peliharaan seperti anjing untuk berjalan-jalan di tepi pantai, siapa tahu dengan bantuan dari penciuman anjing yang kuat, Anda dapat bertemu dengan ambergris.

Disebabkan terpapar fenomena alam, muntah-muntah ikan paus yang terapung ini kemudian bertukar menjadi struktur yang bergumpal dan keras. Sekali pandang, ambergris tidak jauh beda dengan sekepal batu. Ada ambergris yang dilaporkan terapung-apung di lautan hingga 30 tahun sebelum ia ditemukan oleh manusia yang beruntung di tepi pantai.

Harga yang mahal

Pada tahun 2016, sepasang suami isteri yang sedang berjalan di tepi pantai di Middleton Sands dekat Teluk Morecambe, Lancashire di England tidak menyangka nasib mereka begitu beruntung setelah bertemu dengan sekepal ambergris tersebut.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved