Ada 71 Jenis Narkoba Baru di Indonesia, Penyalahguna Terbanyak di Lingkungan Kerja

Saat ini tercatat ada 275 juta pengguna narkoba di dunia dan 520 orang perhari meninggal. Hal ini disampaikan dalam seminar

Ada 71 Jenis Narkoba Baru di Indonesia, Penyalahguna Terbanyak di Lingkungan Kerja
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Saat ini tercatat ada 275 juta pengguna narkoba di dunia dan 520 orang perhari meninggal. Hal ini disampaikan dalam seminar anti narkoba di BNNP Jambi oleh Kabid Cegah dan Dayamas, Abdul Razak, Jumat (24/8).

Adapun strategi BNN dalam penanganan masalah narkoba di Jambi melalui dua pendekatan. Pendekatan kesehatan dan pendekatan hukum.

Pendekatan kesehatan dilakukan dengan cara menekan demand, pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi. Sedangkan pendekatan hukum dilakukan dengan cara menekan supply dan pemberantasan.

Baca: Cegah Narkoba dengan Ubah Pola Pikir

Ia menyampaikan menuju Indonesia Emas pada 2045 Indonesia memiliki peluang untuk bonus demografi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Namun usia produktif ini akan gagal jika terjerat narkoba.

Menurut hasil survey puslitkes UI dan BNN RI 2017 penyalahgunaan narkoba terbanyak terjadi di lingkungan kerja yaitu 31.347 orang, sedangkan lingkungan pendidikan 12.763 orang dan populasi umum 9.090 orang.

"Kondisi di Indonesia diperparah dengan jenis narkoba baru yang daya rusaknya lebih parah dari narkotika dan harganya lebih murah dari narkotika asli," paparnya.

Di Indonesia telah beredar 71 jenis narkoba baru dan di Asia 150 jenis.

"Untuk memulai pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba bukan hanya berlaku untuk petugas BNN karena jumlahnya terbatas. Pencegahan dapat dimulai dari rumah," ucapnya.

Baca: 3 Millenial Jambi Bicara tentang Asian Games: Berharap Closing Ceremony Lebih Keren

Baca: Berkas Madel Cs Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jambi Senin Besok

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved