Hari Raya Kurban

Ini Tips Memilih Sapi Kurban yang Sehat 

Hari Raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada Rabu (22/8) merupakan momentum yang dinanti masyarakat. Hari raya kurban

Ini Tips Memilih Sapi Kurban yang Sehat 
tribunjambi/samsul bahri
Sapi kurban 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hari Raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada Rabu (22/8) merupakan momentum yang dinanti masyarakat. Hari raya kurban identik dengan pemotongan hewan kurban seperti, sapi, kerbau, dan kambing. Hal tersebut dilakukan sebagai rasa syukur atas nikmat Allah dengan pendekatan melalui berkurban untuk mendapat ridhaNya.

Selain masyarakat, beberapa fakultas di Universitas Jambi (Unja) juga melakukan kurban. Seperti Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran. Hewan kurban pun dapat dibeli langsung dari kandang Fakultas Peternakan. Dr. Yatno, S.Pt. M.Si., Dosen Fakultas Peternakan Unja menjelaskan kriteria dalam memilih hewan kurban yang tepat.

Baca: Ini Permintaan Plt Gubernur Terkait Karhutla di Jambi

"Usia hewan kurban seperti sapi dan kerbau minimal 2 tahun untuk bisa dipotong. Kalau kambing 1,5 tahun. Sehat, tidak cacat dan tidak terlalu kurus. "Misalnya telinga putus satu, tanduknya nggak ada sebelah, ekornya nggak ada, itu nggak boleh. Hewan yang sehat dilihat dari kulitnya yang mengkilap," katanya Selasa, (21/8).

Menurut penelitian yang sudah ada, jenis sapi yang paling baik digunakan untuk berkurban adalah Sapi Bali. Berbeda dengan jenis sapi peranakan ongol (PO) dan sapi simental, Sapi Bali memiliki tekstur daging yang lebih padat.

Hingga kini sudah 32 ekor sapi yang terjual. Harga perekornya berkisar mulai dari Rp.17.000-Rp20.000.000, tergantung bobot hidup. Menurut Yatno, semakin gemuk dan berat bobotnya semakin baik.

"Kan kita kurban itu memberi yang terbaik," ujarnya. (Mdr, Mrh)

Baca: H-1 Idul Adha, Rumah Warga di Perum Aurduri Terbakar Akibat Sisa Masakan

Baca: Sempat Sembunyi dalam Kandang Ayam, Pengedar Sabu Ini Akhirnya Dituntut 6 Tahun

Penulis: tribunjambi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved