Media Inggris Soroti Keamanan Pembukaan Asian Games 2018, Dapat 'Izin Membunuh'

Media asal Inggris, The Guardian memberitakan tentang tingkat keamanan Indonesia, khususnya Jakarta saat Asian Games 2018 berlangsung.

Media Inggris Soroti Keamanan Pembukaan Asian Games 2018, Dapat 'Izin Membunuh'
Tribun Wow
18082018_pembukaan asian games 

TRIBUNJAMBI.COM - Media asal Inggris, The Guardian memberitakan tentang tingkat keamanan Indonesia, khususnya Jakarta saat Asian Games 2018 berlangsung.

The Guardian menyebutkan bahwa Polisi di Jakarta sudah membunuh puluhan pelaku kriminal sebagai bentuk pengamanan jelang Asian Games 2018.

Media Inggris itu juga menyebut bahwa Amnesti Internasional sudah mencatat 31 pembunuhan yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Baca: Tinggi Semampai, Penampilan Raisa yang Membuat Penonton Terpana, Kecantikannya Bikin Jatuh Cinta

The Guardian juga menyebutkan bahwa pihak Amnesti Internasional menyoroti soal hak asasi manusia yang menjadi pokok permasalahan dalam kasus ini.

Personel TNI mengikuti Latihan Penanggulangan Terorisme Satuan Gultor TNI di Hotel Sultan di Jakarta, Rabu (1/8/2018). Latihan tersebut sebagai persiapan pengamanan ajang olahraga Asian Games 2018. TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI 

"Penyelenggaraan acara olahraga internasional tidak boleh mengorbankan hak asasi manusia. Pembunuhan harus dihentikan dan semua kematian harus diselidiki dengan cepat dan efektif," ujar Usman Hamid selaku Direktur Eksekutif Amnesti Internasional yang dilansir BolaSport.com dari The Guardian.

Baca: Miliki Rumah di Amerika, Intip Bentuk Mewah Hunian Nia Ramadhani, Dapur Mirip Restoran Kelas Atas

Media asing tersebut juga menyebut bahwa tingkat pengamanan pihak kepolisian Indonesia untuk Asian Games 2018 terbilang ekstrim karena sudah mendapatkan "izin membunuh".

Izin membunuh tersebut mengacu pada ucapan Kapolri, Tito Karnavian pada 30 Juli 2018 yang menyebut bahwa jika pelaku kriminal melawan polisi ketika ditangkap, maka boleh ditembak.

Asian Games 2018 digelar pada 18 Agustus-2 September di Jakarta dan Palembang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Media Inggris Soroti Keamanan Selama Asian Games 2018, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/08/19/media-inggris-soroti-keamanan-selama-asian-games-2018.

Editor: Hasanudin Aco

Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved