Sidang Perambahan TNKS, Penasehat Hukum Hadirkan Tiga Saksi

Sidang lanjutan kasus dugaan perambahan hutan TNKS kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jambi

Sidang Perambahan TNKS, Penasehat Hukum Hadirkan Tiga Saksi
TRIBUNJAMBI/MAREZA SUTAN
Sidang dugaan perambahan hutan TNKS 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sidang lanjutan kasus dugaan perambahan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jambi.

Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai Franciskus Arkadeus Ruwe itu digelar dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang meringankan.

Dalam kesempatan itu, penasihat hukum terdakwa menghadirkan tiga orang saksi. Di antaranya Fauzan selaku warga sekitar lokasi kejadian, Sarwadi selaku ketua SPI wilayah Jambi dan Wiwit Harianto selaku orang yang bersama Azhari pada tanggal 19 hingga 24 Januari 2018.

Fauzan, pada kesempatan itu mengatakan, ketika di lokasi kejadian, dia melihat terdakwa sudah diikat dan sudah dipukuli oleh beberapa orang yang berkumpul di sana.

"Ada sekitar 15 orang di sana," kata dia.

Saat itu, dia sedang melakukan gotong royong membersihkan pinggir jalan.

"Waktu itu, jarak saya dengan Pak Fikri sekitar 6 meter. Saya dengar Pak Fikri bilang, 'ini yang namanya Azhari'. Habis itu (Azhari) langsung dipukuli. Mana yang mau memukul, ya memukul. Saya tidak tahu siapa saja yang memukul. Ramai," katanya.

Saat itu, kata dia, Azhari tak membawa alat penebas. Dia juga hanya sendiri dan tidak mengorganisir orang-orang untuk melakukan perambahan.

Dia juga mengaku melihat polisi berpakaian bebas.

Usai dipukuli, Azhari dan terdakwa lainnya tetap digeletakkan di pinggir jalan dalam kondisi terikat, sampai akhirnya dibawa untuk diamankan.

Untuk diketahui, kasus ini menjerat empat orang sebagai terdakwa. Di antaranya, Ahmad Azhari selaku ketua SPI Merangin, Abu Hasyim, Maardi, dan Indra Jaya.

Mereka diduga melakukan perambahan hutan di wilayah TNKS pada Januari 2018 lalu.

Penulis: Mareza
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved