Jangan Buang Sampah di Gunung, Pendaki Gunung Kerinci Diberi Kantong Plastik

Selain itu, petugas juga menghimbau kepada para pendaki untuk menjaga kebersihan dan membawa sampah turun dari Gunung Kerinci.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Petugas pos penjagaan R10 jalur pendakian Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, mengimbau kepada para pendaki atau wisatawan yang ingin mendaki untuk melengkapi alat pendakian sesuai standar operasional prosedur. Hal ini disampaikan oleh Petugas pos jaga Pendakian R10, Afrizal dihubungi, Rabu (15/8).

Aprizal mengatakan, saat registrasi di pos penjagaan jalur pendakian melalui Desa Kersik Tuo, Kayu Aro, para pendaki pendaki harus melalui pemeriksaan. Hal ini dilakukan untuk keselamatan para pendaki.

Baca: Jelang HUT RI ke 73, Jumlah Pengunjung Pendakian Gunung Kerinci Mulai Melonjak

"Alat kelengkapan pendakian harus memadai, ini untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak kita ingini dan demi keselamatan para pendaki. Khususnya bagi pendaki pemula, karena kami khawatir mereka tidak melengkapi alat memadai," sebutnya.

Alat pendakian yang memadai kata dia, sangat penting dilengkapi pendaki untuk keselamatan diri sendiri atau pun kelompok selama proses pendakian di Gunung Kerinci.

Selain itu, petugas juga menghimbau kepada para pendaki untuk menjaga kebersihan dan membawa sampah turun dari Gunung Kerinci.

Baca: Pendaki Serbu (Dakibu) Elit Kopassus yang Mampu Mendaki Air Terjun & Laksanakan Misi SAR di Gunung

"Sebelum naik para pendaki ini kita berikan kantong plastik, agar mereka bisa membawa sampah turun, para pendaki ini nanti pas turun harus melapor ke petugas jaga, bagi yang tidak membawa sampah turun KTP akan ditahan petugas dan akan diberi sanksi," jelasnya.

Sementara itu pihak pos penjaga mencatat ratusan orang dari berbagai daerah telah melakukan pendakian Gunung Kerinci. Mereka akan menggelar upacara bendera dalam memperingati HUT ke-73 RI di puncak gunung itu.

Baca: TNKS Setujui Jalur Pendakian Baru Gunung Kerinci Lewat Solok Selatan

"Saat ini yang tercatat sudah mencapai 500 pendaki, dan jumlah tersebut akan meningkat hingga pelaksanaan HUT ke-73," ungkapnya.

Para pendaki yang akan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut (MDPL) itu diprediksi akan terus berdatangan hingga puncaknya pada Kamis (16/8).

Baca: Waspada, Pendakian Gunung Kerinci Rawan Aksi Maling

"Bisa dipastikan besok Kamis adalah puncaknya pendaki mulai datang, sehingga saat pendaftaran itu tetap kita imbau melengkapi alat pendakian," pungkasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved