Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto Terima Penghargaan Lencana Melati Dari Presiden Joko Widodo

Upaya itu bahkan diseriusi dengan membentuk tim penguatan wawasan kebangsaan oleh lintas sektoral.

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto Terima Penghargaan Lencana Melati Dari Presiden Joko Widodo
Tribun Jambi/Zulkifli
Foto Bersama Bupati Tanjabtim bersama Plt Gubernur Fachrori, Kakwarda Jambi, Sudirman 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, Selasa (14/8) menerima penghargaan Lencana Melati dari Presiden Joko Widodo, di bumi perkemahan Cibubur, Jawa Barat. Lencana Melati tersebut sebagai apresiasi presiden atas kontribusi Romi terhadap gerakan pramuka di Kabupaten Tanjabtim.

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Jambi, H Sudirman yang juga turut mendampingi Romi di Cibubur, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut karena penilaian terhadap peran serta Romi yang dianggap berkontribusi besar terhadap gerakan pramuka selama ini.

Baca: Kumpulan Kata Mutiara Peringatan Hari Pramuka, Bisa Dikirim Lewat WhatsApp atau Line Kamu

Salah satunya komitmen hibah pembiyaaan yang terus dialokasikan bupati bagi Kwartir Cabang Pramuka Tanjabtim. Lalu diberikannya hibah bumi perkemahan Cadika di Muarasabak Barat, dan dukungan serta pembinaan berkelanjutan terhadap pramuka selama ini.

Ada satu poin kata Sudirman, pertimbangan yang membuat pengajuan nama Romi menjadi lebih mudah, yakni bukti keseriusannya selama ini mengupayakan penguatan wawasan kebangsaan di tingkat pelajar dan pemuda.

“Jadi, dalam draf usulan yang kami sampaikan ke Kwarnas itu, juga kami lampirkan dokumen media cetak dan elektronik terkait kepedulian pak Romi terhadap wawasan kebangsaan. Hal itulah yang menjadi salah satu nilai plus di mata Kakwarnas,” jelas Sudirman.

Baca: Sejarah Hari Pramuka 14 Agustus, Diperkenalkan Kepada Masyarakat Usai Soekarno Anugerahkan Panji

Sejumlah dokumen pemberitaan media elektronik dan media cetak tersebut, dikatakan Sudirman, memperlihatkan bagaimana Romi selama ini selalu membawa misi penguatan wawasan kebangsaan bagi siswa dan pemuda dalam setiap kunjungannya ke daerah.

Upaya itu bahkan diseriusi dengan membentuk tim penguatan wawasan kebangsaan oleh lintas sektoral.

“Nah, kepedulian beliau itulah yang dianggap Kwarnas sebagai salah satu langkah kongkret dan nyata mendukung kerja - kerja Pramuka. Terus terang kami di Kwarda maupun di Kwarcab Tanjabtim sangat terbantu,” jelas Sudirman.

Baca: Live Streaming Indonesia Vs Palestina Sepak Bola Asian Games 2018 Head to Head Besok Mala

“Makanya ketika Kwarnas mengajukan ke Presiden, mulus saja,” tambahnya.

Terpisah, bupati Romi mengaku bersyukur atas apresiasi lencana Melati yang ia terima. Dia menganggap penghargaan tersebut akan memacunya untuk lebih peduli pada gerakan pramuka.

Baca: Karena Perubahan Iklim, Penampakan Hantu Sering Terjadi, Benarkah itu?

Bagi Romi, peningkatan wawasan kebangsaan bukan hanya tanggungjawab Pramuka, tapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat terutama pemerintah daerah. Karena itu, dia akan terus mengupayakan agar setiap sekolah kembali mengajarkan pengetahuan sejarah bangsa dan nilai - nilai luhur Pancasila.

“Jangan sampai anak-anak kita melupakan bagaimana susah payahnya bangsa ini dibangun, agar mereka punya semangat untuk aktif meneruskan perjuangan menjadikan bangsa ini lebih baik dan lebih bermartabat,”ucapnya.

Baca: PT Jaya Indah Motor Jambi Gelar Promo, Tersedia DP Murah Suzuki All New Ertiga

Romi juga berharap kwarcab Tanjabtim lebih aktif lagi melakukan kegaiatan yang bersifat memotivasi setiap anggotanya untuk semakin handal dalam setiap pelaksanaan program yang telah disusun.

“Besar harapan kami, putra - putri kami yang tergabung dalam gerakan pramuka menjadi pribadi - pribadi yang tangguh disegala bidang untuk meneruskan estafet kepemimpinan di Tanjabtim,” harapnya.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved