Dana Rp 400 Juta di RS Kolonel Abun Jani Bangko Jadi Temuan BPK, Direktur Sebut Karena Teledor

BPK menemukan dana lebih dari Rp 400 juta yang digunakan untuk beberapa kegiatan di tahun 2017 lalu.

Dana Rp 400 Juta di RS Kolonel Abun Jani Bangko Jadi Temuan BPK, Direktur Sebut Karena Teledor
Ilustrasi BPK 

Laporan Wartawan Tribunjambi Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Provinsi Jambi menemukan adanya kejanggalan laporan keuangan di Rumah Sakit Kolonel Abun Jani Bangko.

Berdasarkan salinan data yang diperoleh, BPK menemukan adanya penyelewengan dana lebih dari Rp 400 juta yang digunakan untuk beberapa kegiatan di tahun 2017 lalu.

Diantara penyelewengan tersebut ada pengusulan anggaran honorarium tidak berpedoman kepada standar biaya umum pemkab Merangin.

Kemudian BPK juga meminta direktur rumah sakit bersama PPK,PPTK dan pihak ketiga mempertanggung jawabkan kelebihan upah tukang masing-masing sebesar Rp 272.359.963-00 dan Rp 147.926.606-00 dengan menyetorkan ke Kas daerah.

Salinan setoran tersebut harus divalidasi inspektorat dan disampaikan kepada BPK RI Perwakilan Jambi dalam waktu enam puluh hari.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Kolonel Abun Jani Bangko Berman Saragih membenarkan jika pihaknya telah diberikan catatan khusus oleh BPK.

Menurut dia, tidak ada penyelewengan dana yang mereka lakukan.

"Semua pekerjaan kami benar. Temuan BPK itu soal barang yang tidak ada kwitansi. Itu keteledoran dari rekanan," kata Berman.

Sebagai abdi negara yang baik, Berman siap mengembalikan kerugian negara, namun tidak semuanya bisa dibayar ditahun ini.

"Sekarang kita sudah kembalikan Rp 228 juta. Itu uang rekanan, uang saya dan uang dari kelebihan honorarium yang katanya tidak sesuai itu," kata Berman lagi.

"Kalau untuk kembalikan semua sekarang saya tidak sanggup. Tapi kalau dicicil bisa, tapi tidak bisa ditahun ini," lanjutnya. (*)

Penulis: muzakkir
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved