Remisi HUT RI

Ratusan Napi Lapas Kelas II B Kuala Tungkal Diusulkan Remisi HUT Kemerdekaan RI

Memperingati hari ulang tahun Kemedekaan ke-37 Republik Indonesia, Lapas Klas II B Kuala Tungkal ajukan usulan remisi terhadap

Ratusan Napi Lapas Kelas II B Kuala Tungkal Diusulkan Remisi HUT Kemerdekaan RI
TRIBUN JAMBI/DARWIN SIJABAT

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Memperingati hari ulang tahun Kemedekaan ke-37 Republik Indonesia, Lapas Klas II B Kuala Tungkal ajukan usulan remisi terhadap ratusan narapidana.

Haszuwan Affandi SH MH, Kasi Binadik dan Giatja, Lapas Klas IIB Kuala Tungkal mengatakan remisi diusulkan seperti tahun-tahun sebelumnnya. Dia pun mengatakan semua narapidana berhak mendapatkan remisi, baik terpidana khusus dan umum.

Menurutnya lembaga pemasyarakatan (LP) Klas II B Kuala Tungkal kembali usulkan remisi dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI 17 agustus mendatang.

Baca: Puluhan Ribu Benih Lobster Dilepasliarkan di Pulau Pandan Sumbar

Untuk usulan remisi 17 Agustus tahun ini terdapat ratusan narapidana yang akan diajukan remisi.

Hal tersebut berdasarkan surat pengajuan nomor W.5.PAS.7.PK.01.05.06-1223 perihal usulan remisi umum tahun 2018 dari lapas Kuala tungkal.

Haszuwan mengatakan usulan tersebut telah disampaikan beberapa waktu lalu dan saat ini masih menunggu surat keputusan dari pusat.

"Jumlah usulan remisi untuk 17 Agustus tahun 2018 ini sebanyak 223 narapidana. Terdiri dari remisi umum (RU. I) sebanyak 211 orang, dan remisi khusus (RU.II) umum sebanyak 12 orang," tuturnya.

"Narapidana 12 orang (RU.II red) merupakan remisi yang diperoleh secara otomatis menghabiskan masa pidananya. Tapi ini baru usulan yah tergantung nanti berapa yang disetujui dari Kanwil kemenkumham Provinsi Jambi," jelasnya kepada tribunjambi.com

Baca: Misriati Meneteskan Air Mata, Terancam 15 Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar

Baca: Kapolda Jambi Tegaskan Masuk Polisi Gratis Tanpa Biaya, Ardianysah Ucapkan Syukur

Dikatakannya pula, untuk syarat usulan remisi sendiri sama seperti tahun sebumnnya. Setiap napi yang harus diusulkan harus menjalani masa tahanan lebih kurang selama enam bulan.

Untuk potongan remisinya juga beragam ada yang dari satu hingga lima bulan. Tergantung penilaian dari prilaku napi yang diusulkan tersebut.

Untuk diketahui pada tahun 2017 lalu sebanyak 308 orang penghuni lapas diusulkan remisi. Terdiri dari RU.I sebanyak 291 orang, sedangkan RU.II 17 narapidana.

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved