5 Tahun Sewa Ruko Milik Pemkot, Uang Sewa Tidak Masuk Kas Daerah

"Walaupun sudah diserahkan kepada pemerintah, tapi ada oknum yang memanfaatkan ruko tersebut untuk dijual belikan dan disewakan," ungkap Komari.

tribunjambi/rohmayana
Suasana hearing di Komisi II DPRD Kota Jambi, terkait persoalan ruko, kios milik pemerintah 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Permasalahan kios di pasar TAC dan pasar Malioboro, saat ini sudah memiliki sedikit titik temu.

Berdasarkan hearing Komisi II DPRD Kota Jambi, bersama pedagang pasar, dan Disperindag Kota Jambi, Senin (6/8), diketahui bahwa beberapa ruko yang ditunggu oleh pedagang dibangun oleh pihak swasta di tanah pemerintah.

Bahkan bangunan ruko tersebut mencapai 17 ruko di tanah pemerintah, sekitar pasar Malioboro dan empat bangunan ruko di pasar TAC.

Baca: Live Streaming Timnas U-16 Indonesia vs Kamboja, Live Indosiar Piala AFF U-16 2018

Komari, Kepala Disperindag Kota Jambi, mengatakan, bangunan ruko tersebut sudah dibangun sejak tahun 2007 lalu oleh pihak swasta. Namun, pada tahun 2013 sudah diserahkan kepada pemerintah.

"Walaupun sudah diserahkan kepada pemerintah, tapi ada oknum yang memanfaatkan ruko tersebut untuk dijual belikan dan disewakan," ungkap Komari.

Bahkan sewa menyewa dan jual beli bangunan milik pemerintah tersebut kata Komari, sudah terjadi sejak 2013 lalu hingga sekarang.

Baca: Pengakuan Kurir Baby Lobster, Sudah Empat Kali Terima Angkutan dari Jambi

"Karena sudah merasa memiliki, sehingga kegiatan ini masih terus berlangsung hingga saat ini. Sehingga merugikan bagi pedagang dan pemerintah," sebutnya.

Karena kejadian ini, ada pula temuan dari BPK hingga 500 Juta.

"Karena uangnya tidak masuk ke kas daerah," tambahnya.

Baca: Selalu Tampil Modis, Ini Deretan Gaya Busana Unik Via Vallen

Pembangunan ruko itu kata Komari, sudah ada koordinasi pada tahun 2007 lalu. Namun pada 2013 ada sedikit kesalahan komunikasi.

"Sehingga saat ini banyak permasalahan yang terjadi," ujarnya. (*)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved