Breaking News:

Niat Cegah Jalan Rusak, Potal Dishub Justru Banyak Dirusak Warga

Keberadaan Portal pembatas jalan diharapkan dapat menjaga ketahanan jalan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Penulis: Zulkipli | Editor: Teguh Suprayitno
Tribun Jambi/Zulkifli
Dishub Tanjab Timur banyak memasang portal jalan untuk mencegah jalan cepat rusak. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Keberadaan Portal pembatas jalan diharapkan dapat menjaga ketahanan jalan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Namun justru banyak portal justru dirusak.

Kepala Dishub Tanjab Timur, Yan Rizal kepada Tribunjambi.com, mengatakan, jalan-jalan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat ini belum memiliki klasifikasi dan tonase jalan.

Untuk mengatisipasi agar jalan-jalan itu tidak dilalui kendaraan yang melebihi tonase pihak Dishub memasang beberapa portal pembatas jalan menggunakan pipa besi.

"Sebenarnya kalau sudah ada klasifikasi jalan dari Dinas PU, kita bisa prediksi berapa berat sumbu tonase yang bisa lewat, kita bisa kontrol, tapi sekarang ini belum ada, makanya kita pasang portal untuk membatasi tonase kendaraan, supaya jalan kita bisa awet," katanya, pada Minggu (29/7).

Namun diakui Yan Rizal, portal-portal yang telah dipasang di beberapa titik jalan itu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur banyak yang dirusak dan dibongkar oleh pengguna jalan dan tinggal hanya tinggal dua portal yang aktif yaitu di Sabak Barak dan di Dendang.

"Maaf-maaf ngomonglah, misalnya portal sudah kita gembok, gemboknya itu yang dibongkar. Bahkan ada yang nekat mendongkrak portal hingga melengkung dipaksonyo agar bisa lewat," kata Yan Rizal.

Misalnya, dicontohkan Yan Rizal portal di Jalan Block D Gergai, itu telah dipasang namun ujung-ujunngnya masayarakat sendiri yang membukanya.

Menurut Yan Rizal, kedepan pihaknya akan menyerahkan pengawasan portal-portal itu kepada Camat dan Polsek. "Kalau lihat kemarin kita yang pegang lihat sendirilah, ada yang ditabraklah. Ini kita buat agar jalan kita bisa bertahan lama," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved