Lahan Gambut di Kumpe Terbakar, Kapolres Muarojambi Terjun Padamkan Api

Kembali terjadi kebakaran lahan di Wilayah Kabupaten Muarojambi. Kali ini terjadi di Desa Lopak Alai, Kumpe Ulu, Muaro Jambi.

Lahan Gambut di Kumpe Terbakar, Kapolres Muarojambi Terjun Padamkan Api
istimewa
Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono melakukan pemadaman di lahan kebun warga yang terbakar. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kembali terjadi kebakaran lahan di Wilayah Kabupaten Muarojambi. Kali ini terjadi di Desa Lopak Alai, Kumpe Ulu, Muaro Jambi.

Pihak Polres Muarojambi selaku tim satgas Karhutla juga ikut dalam pamadaman dan penanggulangan kebakaran lahan tersebut, Minggu (29/7).

Kegiatan pemadaman dan pendinginan dilaksanakan di areal tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono didampingi oleh Kabagops Polres Muarojambi Kompol Sopirin, satuan Sabhara Polres Muarojambi berjumlah 10 personel.

Selain itu, turut ikut personel Polsek Kumpeh Ulu berjumlah 9 Personel yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kumpeh Ulu IPTU S.Harefa, Personel Babinsa Koramil 0415-6 Pijoan berjumlah 3 orang personel, personel BPBD Kabupaten Muarojambi berjumlah 3 orang dan personel Manggala Agni Jumlah 11 orang.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono mengatakan bahwa dalam kebakaran kali ini, luas lahan diperkirakan mencapai empat hektare.

"Luas Kebakaran diperkirakan telah mencapai empat Hektar. Jenis lahan yang terbakar merupakan lahan yang ditanami sawit , karet dan pinang dengan jenis tanah gambut dengan kedalaman sekira empat meter," ujarnya melalui pesan whatsApp.

"Peralatan yang diturunkan untuk mengatasi kebakaran tersebut berupa 1 unit mesin air jenis Sibahura milik Manggala Agni, 1 unit Mesin air Robin milik Satuan Sabhara Polres Muaro Jambi, 1 unit Mesin air Robin milik warga, 1 unit mobil tangki air milik BPBD," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemadaman dan juga pendinginan terhadap titik api. Untuk pemadaman telah dilakukan pada Sabtu (28/7). Selain itu, pihaknya juga membuat embung tempat penyediaan air.

"Kita menghimbau dengan cara mengerahkan warga Desa Kasang Lopak Alai serta para karyawan untuk membantu pemadaman api tersebut," ungkap Kapolres Muarojambi.

Lebih lanjut Kabagops Polres Muarojambi Kompol Sopirin yang ikut dalam tim tersebut, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi personel Polres Muarojambi dan tim pada saat pemadaman lahan areal yang terbakar adalah lahan jenis gambut. Selain itu juga terbatasnya sumber air untuk pemadaman.

"Lokasi kebakaran yang semak belukar dengan kayu ranting sehingga upaya pemadaman menjadi terhambat," tegas Kabagops Polres Muarojambi Kompol Sopirin.

Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved