Breaking News:

Atasi Kemacetan, Dishub Akan Operasikan APILL

Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi mengatakan, saat ini di Kota Jambi terdapat beberapa titik kemacetan lalu lintas.

Penulis: Rohmayana | Editor: Deni Satria Budi
TRIBUNJAMBI/ROHMAYANA
Parkir sembarangan dan dengan durasi lama, menyumbang kemacetan di Kota Jambi. 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi, melalui Dinas Perhubungan, berupaya mengatasi kemacetan yang sering terjadi di beberapa titik di dalam wilayah Kota Jambi.

Mulai dari menurunkan puluhan personel, hingga melakukan pengalihan arus lalu lintas, sudah dilakukan. Untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Kota Jambi, ada beberapa hal yang akan dilakukan.

Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi mengatakan, saat ini di Kota Jambi terdapat beberapa titik kemacetan lalu lintas. Biasanya terjadi pada sore hari atau pada saat Sabtu dan Minggu dan berlangsung cukup lama.

Baca: Atlet Tarung Derajat Bungo Jadi Kuli Lantaran Kesulitan Biaya Sekolah

“Kemacetan biasanya terjadi dibeberapa lokasi. Yang paling parah itu seperti di Simpang Mayang dan Purnama. Kalau dititik lainnya masih bisa kita atasi. Tapi kalau di Simpang Mayang itu sudah cukup parah, terutama Sabtu dan Minggu,” jelas Ridho.

Menyikapi itu kata Ridho, sudah ada beberapa hal yang akan dilakukan pihaknya. Pertama yaitu dengan menurunkan sebanyak 60 personil di 20 titik di kota Jambi.

60 personil tersebut dibagi menjadi 30 personil untuk shift pagi dan 30 personel untuk sore hari. Mereka bertugas untuk mengatur lalu lintas untuk mengurai dan agar tidak terjadi kemacetan.

Baca: Tak Ajukan Upaya Hukum, Dua Terdakwa Narkotika Ini Terima Divonis 20 Tahun

“Ada 20 titik yang dijaga oleh petugas. Untuk satu titik itu ada dua hingga tiga personil. Untuk satu shift itu 30 orang yang kita turunkan secara bergantian,” bebernya.

Cara lain yang juga dilakukan oleh Dinas Perhubungan kota Jambi yaitu dengan melakukan penutupan arus lalu lintas di beberapa lokasi yang terjadi macet parah. Sehingga kemacetan bisa diurai dan tidak terjadi kepadatan arus kendaraan.

Baca: Tinggal Dua Hari, Belum Ada Parpol yang Perbaiki Berkas Bacalegnya, KPU Intruksikan

“Sehingga masyarakat harus memutar sedikit jauh dan ini juga merupakan salah satu rekomendasi dari pihak kepolisian berdasarkan rapat forum lalu lintas yang sudah kita lakukan beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Dishub Kota Jambi juga akan mengoperasikan APILL atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. Nantinya, dengan dioperasikannya APILL, maka jika terjadi macet panjang di trafict light atau simpang lampu merah, maka lampu akan berubah secara otomatis menjadi lampu hijau. Sehingga ini bisa mengurai kemacetan. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved