Dukcapil Kota Jambi Targetkan September Anak-anak Bisa Miliki KIA, Ini Kriteria yang Bisa Dapat

Selain KTP untuk masyarakat yang sudah berumur 17 tahun keatas Pemerintah Kota Jambi juga sudah mulai membuat KIA

Penulis: Rohmayana | Editor: bandot
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
KARTU IDENTITAS ANAK - Seorang anak memperlihatkan Kartu Identitias Anak (KIA) yang baru diterimanya pada launching KIA dan Akta Kelahiran Braille di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (28/12/2016). KIA wajib bagi anak di bawah 17 tahun dan belum menikah sehingga bisa mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk masyarakat yang sudah berumur 17 tahun keatas Pemerintah Kota Jambi juga sudah mulai membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal ini dilakukan guna melihat jumlah anak yang ada di kota Jambi.

Bahkan pemkot Jambi sudah menganggarkan RP 500 juta untuk KIA.

Rencananya, penerbitan KIA akan dimulai pada Agustus atau paling lambat September 2018.

Saat ini, Pemkot melalui Dinas Dukcapil Kota Jambi sedang mempersiapkan infrastuktur seperti blanko dan tinta untuk penerbitan KIA.

Dikatakan Mulyadi Yatub, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi bahwa penerbitan Kartu Identitas Anak rencananya akan disebar sebanyak 8000 KIA.

Untuk penerbitan KIA ini, Pemkot menganggarkan Rp 500 juta melalui APBD Kota Jambi 2018.

“Saat ini kita sedang persiapan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari blanko, tinta dan lainnya. Untuk printer dan beberapa peralatan lainnya, kita masih memanfaatkan infrastruktur dari E KTP. Karena proses pencetakan KIA dan e KTP itu sama untuk film dan tinta rebornnya. Jadi kita memanfaatkan juga fasilitas yang sudah ada,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa awalnya, akan dimulai dengan mensosialisasikan melalui beberapa Sekolah Dasar (SD).

Sebab, untuk rencananya, KIA hanya akan diberlakukan untuk anak usia 6 tahun hingga menjelang 17 tahun.

“Sebenarnya KIA itu berlaku untuk anak 0 tahun hingga 17 tahun kurang 1 hari. Namun untuk Kota Jambi, kita belum memastikan. Kemungkinan kita akan mulai dulu dari siswa kelas 1 SD. Awal awal ini, kita akan kerjasama dulu dengan beberapa SD untuk uji petik,” katanya.

Dikatakan Mulyadi bahwa KIA akan mulai diterbitkan pada Agustus atau paling lambat September 2018. Sebab, saat ini pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur seperti blanko dan lainnya.

Sedangkan bentuk KIA sendiri nantinya akan sama dengan E KTP. Ada foto dan identitas layaknya E KTP. “Hanya saja untuk KIA ini anak anak tidak perlu perekaman. Mereka hanya menyediakan foto saja. Nanti fotonya yang akan di scan,” ujarnya. (May)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved