Petugas Dukcapil Kelabakan, Jumlah Warga yang Mengurus Suket Jelang Pilkades Meningkat

Dengan nomor antrean yang mulai habis, pihaknya tetap melayani dengan tidak mengunakan nomer dan tetap menerima bahan atau berkas untuk diselesaikan.

Petugas Dukcapil Kelabakan, Jumlah Warga yang Mengurus Suket Jelang Pilkades Meningkat
Tribun Jambi/Wahyu Herliyanto
Jumlah warga yang mengurus dokumen, baik e-KTP maun surat keterangan (suket), di Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun menjelang pilkades akhir Juli 2018, mengalami peningkatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Jumlah warga yang mengurus dokumen, baik e-KTP maun surat keterangan (suket), di Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun menjelang pilkades akhir Juli 2018, mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun, Helmi, mengatakan peningkatan sudah terlihat jelas dari tingginya masyarakat datang ke dukcapil.

"Dulu kami bisa melayani satu hari sampai 120 nomor antrean. Sekarang kami agak sedikit kelabakan, karena pada jam satu dan dua siang, nomor antrean sudah mulai habis," katanya, Jumat (27/7).

Dengan nomor antrean yang mulai habis, pihaknya tetap melayani dengan tidak mengunakan nomer dan tetap menerima bahan atau berkas untuk diselesaikan.

"Dengan catatan apabila tidak di selesaikan hari ini, kami suruh untuk mengambilnya pada esok pagi atau satu, dua hari setelah itu," katanya.

Ada beberapa indikasi pemberian suket kepada masyarakat sendiri. Artinya, ketika masyarakat datang untuk mencetak KTP pada saat itu tidak mungkin selesai semua, pasti ada yang tidak selesai

Baca: Bertemu Dengan Jajaran Direktur PTPN VI , Ihsan Yunus Ingin Pastikan Peremajaan Kelapa Sawit Lancar

"Tak hanya itu, indikasi lain adalah data dari pusat belum dikembalikan atau data sedang dalam pengiriman. Nah, ini untuk sementara kita berikan suket," katanya.

Katanya, kalau dihitung yang membuat suket tidak bisa secara global, tapi jika dihitung perhari itu bisa sampai 50-60 suket

"Dari penerbitan suket itu sendiri, berkisar 50-60 per hari, tergantung kebutuhan, termasuk kebutuhan pilkades ini," katanya.

Baca: Polwan Ditemukan Gantung Diri, Ini 7 Faktanya Tinggalkan 2 Anak yang Masih SD

Baca: Prediksi Cuaca Bungo Sabtu-Minggu, Dibayang-Bayangi Hujan

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved