KPU Tanjab Barat: Bacaleg Mantan Napi Kalau Tidak Diganti Akan Dicoret

Tercatat 13 partai politik mendaftarkan bacalegnya ke KPU Tanjab Barat, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 398 orang.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - KPUD Tanjab Barat menerima perbaikan berkas bacaleg. Namun Hairuddin, Ketua KPUD Tanjab Barat tidak menyebutkan jumlahnya.

Dia mengatakan pada umumnya perbaikan terhadap nama yang tidak sesuai ijazah, kemudian menyerahkan fotocopy surat tertentu yang tidak disertakan aslinya.

"Untuk detail per partai dan per orang belum bisa kita lihat. Karena setiap waktu ada yang datang mengecek dan melakukan perbaikan. Sehari bisa sampai dua hingga tiga kali," katanya.

Dia menjelaskan, hampir secara keseluruhan partai yang mendaftar di KPUD melakukan perbaikan berkas syarat.

Pendaftaran bacaleg tersebut berdasarkan fakta integritas yang dikeluarkan partai bahwa tidak mencalonkan mantan narapidana. Kemudian apabila setelah ditetapkan sebagai daftar calon sementara dan sudah diumumkan mendapati tanggapan masyarakat, maka akan diklarifikasi.

"Untuk saat ini dalam fakta integritas belum ada, setelah ditetapkan sebagai daftar calon sementara, kita umumkan kita lihat tanggapan masyarakat," katanya.

"Kalau ada tanggapan masyarakat akan kita minta klarifikasi dan cek kebenarannya. Kalau ternyata benar, kita sarankan diganti. Kalau tidak maka akan dicoret," ujar Hairuddin menambahkan.

Mengenai bacaleg yang membatalkan diri, ketua KPUD itu sebut belum mengetahui dan belum merekap. Begitu pula dengan jumlah daftar bacaleg mantan narapidana juga belum diketahui jumlah dan anggota partai mana.

"Sampai dengan hari ini sebelum kita cek diakhir nanti, belum taulah siapa yang mengganti dan diganti. Mantan terpidana itu ada, rekapnya belum secara keseluruhan," katanya.

Namun terkait penggantian bacaleg tersebut, Hairuddin mengatakan sejauh ini sudah ada gambaran bakal ada pengganti calon. Namun untuk data pastinya akan diumumkan pada saat verifikasi terhadap calon dan berkas syarat.

"Kami memverifikasinya tanggal 1 sampai tanggal 7 Agustus. Tanggal 7 itu sudah taulah siapa yang mundur, pindah dan indikasi yang tiga kasus. Sekarang belum tahu," jelasnya.

Tercatat 13 partai politik mendaftarkan bacalegnya ke KPU Tanjab Barat, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 398 orang.

Saat ini mulai dari tanggal 22 juli - 31 juli dalam fase perbaikan syarat calon, kemudian tanggal 1-7 Agustus verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon.

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved