Tidak Hanya Sehat, Ini Syarat Hewan yang Baik untuk Kurban

Tahun ini hewan yang akan dipotong oleh masyarakat Merangin diperkirakan mencapai 2.000 ekor.

Tidak Hanya Sehat, Ini Syarat Hewan yang Baik untuk Kurban
TRIBUNJAMBI/ROHMAYANA
Contoh Hewan Kurban yang berlabel Biru 

Laporan Wartawan Tribunjambi Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Tahun ini hewan yang akan dipotong oleh masyarakat Merangin diperkirakan mencapai 2.000 ekor.

Sesuai dengan anjuran, hewan kurban yang harus dipotong itu memiliki beberapa aspek. Misalnya melalui bulu hewan yang mengkilat dan tidak berdiri. Lubang-lubang bagian hewan kurban pun tidak boleh luput dari perhatian calon pembeli.

Selain itu, hewan kurban yang sehat tidak boleh mengeluarkan cairan (darah) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, telinga, mulut, ataupun anus. Selain itu, gigi susu dari hewan juga harus kupak atau tanggal dan berganti dengan gigi dewasa semua.

Kelincahan hewan juga bisa menentukan kesehatan hewan. Hewan yang cenderung lemas dan loyo bisa saja mengidap penyakit.

Tak hanya itu, kuku hewan juga tak boleh lepas dari perhatian. Jangan membeli hewan kurban yang memiliki luka di kaki atau kuku hewan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Merangin Markoni mengatakan, untuk hewan Kurban ini masyarakat harus memperhatikan betul kualitas ternak yang hendak dibeli tersebut, sebab jika salah memilih maka kurban bisa saja tidak sah.

"Yang paling penting untuk diperhatikan itu usia. Untuk kurban tidak boleh tidak cukup umur. Kemudian kesehatan hewan, fisik hewan dan sebagainya. Jangan membeli hewan kurban yang sakit dengan harga yang murah," pungkasnya.

Nah untuk membeli hewan kurban yang sehat, di Merangin ada beberapa tempat yang disarankan. Ada 30 kelompok peternak di Merangin. Dan itu tersebar di beberapa kecamatan, seperti Bangko, Bangko Tinggi, Pamenang, Sungai Ulak dan beberapa kecamatan lainnya.

"Untuk informasi ini, masyarakat bisa langsung datang ke kantor atau langsung datang ke kandang kelompok tani kita," imbuhnya.

Penulis: muzakkir
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved