Cara Mengenali Pangkat Anggota TNI dari Melihat Pelat Nomor dan Jenis Mobil Dinas

Pasalnya, di kalangan anggota TNI untuk mendapatkan mobil dinas tidak mudah karena terkait dengan pangkat dan jabatannya.

Cara Mengenali Pangkat Anggota TNI dari Melihat Pelat Nomor dan Jenis Mobil Dinas
Mobil dinas TNI. (Yoyok Prima Maulana) 

TRIBUNJAMBI.COM - Bila seseorang berniat menjadi anggota TNI maka dirinya selain harus siap menjadi orang yang penuh disiplin juga harus siap “hidup susah”.

"Hidup susah" itu bisa diartikan tidak bisa hidup seperti orang sipil yang jauh dari latihan militer berat dan bisa bersantai kapan saja.

Anggota TNI yang mampu punya mobil, misalnya saja suami atau istrinya sama-sama anggota TNI atau pegawai negeri sipil, juga belum tentu membeli mobil karena penugasannya selalu berpindah-pindah.

Jika pindah tugas, mobil tentu saja tidak bisa dibawa. Maka jika dalam penugasannya anggota TNI bersangkutan mendapatkan mobil dinas, benar-benar merupakan hal yang istimewa.

Pasalnya di kalangan anggota TNI untuk mendapatkan mobil dinas tidak mudah karena terkait dengan pangkat dan jabatannya.

Hanya anggota TNI berpangkat perwira yang bisa mendapatkan mobil dinas seperti anggota berpangkat Mayor atau Letkol dan telah menduduki jabatan adsminitrasi.

Baca: Link Live Streaming Manchester United vs AC Milan, ICC 2018 sedang Berlangsung

Baca: Prabowo Hadir di Jambi, Beri Kuliah Umum Paradoks Indonesia

Baca: Kisah Bergabungnya Denjaka, Kopaska dan Kopassus Tumpas Perompak Somalia yang Sandera WNI

Mobil dinas untuk perwira berpangkat Mayor dan Letkol biasanya sejenis Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Jika seorang tentara menduduki jabatan administrasi setingkat Kolonel, maka dia mendapatkan fasilitas kendaraan dinas sejenis Toyota Vios.

Sementara seorang anggota TNI yang menduduki jabatan jenderal setingkat bintang satu, maka berhak mendapatkan fasilitas kendaraan dinas sejenis Toyota Altis.

Selanjutnya jika seorang tentara menduduki jabatan setingkat jenderal bintang dua, maka dia mendapatkan fasilitas kendaraan dinas sejenis Camri.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved