Ribuan Warga Tanjab Barat Belum Miliki eKTP, Warga 5 Kecamatan Ini Terbanyak

Tercatat ribuan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat belum memiliki kartu tanda penduduk sebagai calon daftar pemilih baru.

Ribuan Warga Tanjab Barat Belum Miliki eKTP, Warga 5 Kecamatan Ini Terbanyak
tribunjambi/darwin
Warga Tanjab Barat merekap eKTP 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Tercatat ribuan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat belum memiliki kartu tanda penduduk sebagai calon daftar pemilih baru.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Yanti mengatakan data tersebut hasil coklik dari KPUD Tanjab Barat. 

"Ada 3.426 yang belum merekam eKTP untuk mendapatkan hak jadi DPT," katanya kepada Tribunjambi.com, Senin (23/7).

Data coklik tersebut tersebar di kecamatan yang ada di Tanjab Barat. Diantaranya kecamatan paling banyak yaitu Kecamatan Senyerang 653 orang,Tungkal Ilir ada 552 orang, Pengabuan 552 orang, Kecamatan Batang asam 504 orang dan Seberang kota 305 jiwa.

Untuk paling rendah yaitu kecamatan Muara Papalik 32 orang, kemudian diikuti Renah Mendaluh 65 jiwa, Lubuk Bernai sebanyak 88 orang, Merlung 97 orang dan Kecamatan Betara sebanyak 111 orang.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Yanti mengatakan pihaknya mengatakan menggunakan sistem jemput bola.

"Sebagai pemerintah harus memfasilitasi masyarakat, itu sudah hak mereka," ujarnya.

Atas usaha tersebut, hingga sejauh ini telah merealisasikan kegiatan tersebut dengan turun langsung ke desa. Dan akan berlangsung di semua desa atau kecamatan tersebut.

Didalam penerbitan KTP, sering ditemukan masalah yang kerap dialami yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman data. Kemudian permasalahan jaringan yang mengalami gangguan saat perekaman. Namun dia mengatakan harus memfasilitasi hal tersebut.

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved